PPSS Sukorejo-Universitas Al Azhar Sepakati Lima Keilmuan Internasional

Pengasuh ponpes Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy bersama Prof Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman al Hud Hud saat melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan Universitas Al-Azhar. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Pondok pesantren (ponpes) terbesar di Kota Santri Situbondo yakni Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo yang kini diasuh oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy melakukan perjanjian kerjasama (MoU) bidang pendidikan dengan Universitas Al-Azhar Mesir. KHR Azaim bersama Prof Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman al Hud Hud perwakilan utusan dari Universitas Al-Azhar duduk bersama membahas tentang pendidikan Ma’had Aly (ilmu fiih) di aula pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.
Kerjasama ini merupakan komitmen ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo menuju go international. Untuk itulah lembaga kader ahli fiqih itu kali ini bekerjasama dengan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir untuk mewujudkan komitmen tersebut. Penandatanganan kerjasama bidang keilmuan tersebut dilakukan bersamaan dengan acara wisuda maha santri Ma’had Aly, di aula pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, pagi kemarin. “Perwakilan dari Universitas Al-Azhar dihadiri Prof Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman al Hud Hud,” terang KHR Azaim.
Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, kerjasama bidang keilmuan Ma’had Aly dengan Universitas Al-Azhar, merupakan ikhtiar untuk mengembangkan pendidikan pesantren saat ini hingga masa depan. Kiai Azaim mengaku, ada lima poin kerjasama bidang keilmuan disepakati.
Di antaranya, bebernya, tukar menukar dosen, mahasiswa, berbagai kegiatan riset keilmuan, beasiswa antara santri dan maha santri berprestasi.
“Itu diantaranya kesepakatan kerjasama kami (ponpes Salafiyah Syafiiyah, red) dengan Universitas Al-Azhar, Mesir,” terang KHR Azaim.
Masih kata KHR Azain, ada poin penting lain yang ikut disepakati diantaranya status pengakuan pendidikan dari Universitas Al-Azhar. Cucu Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin itu menjelaskan, Universitas al-Azhar memiliki hubungan diplomasi sangat kuat di dunia internasional. “Adanya pengakuan dari Universitas Al-Azhar terhadap lembaga pendidikan pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah (PPSS) Sukorejo Situbondp ini akan berdampak terhadap perhatian dunia internasional,” aku KHR Azaim.
Kiai Azaim mengatakan, lembaga pendidikan pondok pesantren yang selalu disebut pendidikan tradisional, membutuhkan jejaring internasional untuk mendapatkan pengakuan dunia secara luas. Masih kata KHR Azaim, terjalinnya kerjasama Ma’had Aly Pondok Pesantren Sukorejo dengan Universitas Al-Azhar karena memiliki kesamaan visi dan misi. “Satu diantaranya sama-sama menyebarkan ajaran agama islam moderat,” pungkas KHR Azaim.

Sama-sama Mengajarkan Islam Moderat
Prof Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman al Hud Hud, sempat memuji keberadaan PPSS (Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah) Sukorejo Situbondo. Mantan Rektor Universitas Al-azhar Kairo Mesir itu menyebut, jika PPSS memiliki kesamaan keilmuan dengan Al-Azhar Mesir. Menurut Prof. Ibrahim Hud Hud, sejak berdiri hingga sekarang Universitas Al-Azhar selalu mengajarkan islam moderat. “Kami juga mengajarkan tentang kemuliaan akhlak dan budi pekerti. Ini sama seperti yang dikembangkan oleh PPSS Sukorejo Situbondo,” aku Prof Ibrahim
Kata Ibrahim Hud Hud, saat ini kedua belah pihak juga memiliki kesamaan lain yaitu penyetaraan ijazah yang dikeluarkan al-Azhar dengan ijazah yang dikeluarkan PPSS Sukorejo. Masih kata Prof. Ibrahim Hud Hud Universitas Al-Azhar selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan seluruh universitas di belahan dunia. “Saat ini mahasiswa Al-Azhar berasal dari 106 negara di dunia. Dari Indonesia sedikitnya ada 6000-an mahasiswa yang kini masih belajar di Al-Azhar,” ucap Prof Ibrahim. Prof. Ibrahim Hud Hud kembali menambahkan, sejak era 1950-an mahasiswa asal Indonesia sudah kuliah di Universitas Al-Azhar. Bahkan di kampus Al -Azhar ada asrama atau tempat berkumpul khusus mahasiswa asal pulau Jawa. Untuk itu, sambung Prof Ibrahim, pihaknya kedepan akan terus mempererat tali slaturrhami dan kerjasama dengan PPSS Sukorejo Situbondo. [awi]

Tags: