Polres Tulungagung MoU dengan PWI Bangun Zona Integritas

Kapolres Tofik Sukendar dan Aminun Jabir menandatangani MoU dengan PWI Perwakilan Tulunaggung disaksikan anggota Forkopimda Tulungagung, Senin (25/3).

Tulungagung, Bhirawa
Berupaya meraih wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dalam pembangunan zona integritas, Polres Tulungagung melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PWI Perwakilan Tulungagung. Penandatangan MoU ini berlangsung di halaman Mapolres Tulungagung, Senin (25/3).
Hadir dalam acara yang juga melaunching inovasi pelayanan publik Polres Tulungagung tersebut, Sekda Tulungagung, Ir Indra Fauzi MM dan Ketua PWI Perwakilan Tulungagung, M Aminun Jabir. Selain juga anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung, di antaranya Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf Wildan Bahtiar SIP.
Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar SIK, seusai acara penandatanagan MoU, mengatakan penandatanganan MoU dengan PWI Perwakilan Tulungagung agar segala kegiatan di Polres Tulungagung dapat dipantau, dimonitor dan diawasi oleh wartawan. “Semua ini sebagai sarana dalam upaya Polres Tulungagung menuju WBK dan WBBM. Dan ini merupakan tindakan realistis yang dilakukan teman-teman media terhadap Polres Tulungagung,” paparnya.
Sebelumnya, Kapolres Tofik Sukendar menyebut perjanjian kerjasama dengan PWI Perwakilan Tulungagung dapat menguntungkan kedua belah pihak. Wartawan bisa melakukan monitoring, sedang polisi bisa juga bisa memberikan informasi untuk dipublikasikan pada masyarakat.
Lebihlanjut ia memaparkan dengan dilaunching-nya juga tiga inovasi layanan di Polres Tulungagung dapat semakin membuat Polres Tulungagung masuk dalam zona integritas menuju WBK dan WBBM. Yakni inovasi pelayanan SKCK mobile, pelayanan besuk tananan online dan aplikasi SIM ceria.
“Semua kami persembahkan pada masyarakat Tulungagung dan memberikan kemudahan pada mereka,” paparnya.
Disebutkan Kapolres Tofik Sukendar dengan pelayanan SKCK mobile, masyakarat yang sibuk dan tidak bisa mengurus SKCK bisa terlayani pada malam hari dengan kehadiran mobil layanan SKCK yang terintegrasi dengan SIM keliling. Begitupun dengan layanan besuk tahanan online. Polres Tulungagung memberi kemudahan pada masyarakat yang keluarganya ditahan di Mapolres Tulungagung untuk tidak hadir langsung ke Mapolres Tulungagung. Cukup dengan video call lewat aplikasi whatsapp. “Sedang layanan SIM Ceria memberi terobosan kemudahan dalam perpanjangan SIM. Kalau untuk buat baru belum bisa dan masih harus ke Satpas SIM,” paparnya lagi.
Sementara itu, Aminun Jabir menyatakan apresiasinya pada Polres Tulungagung yang telah melakukan penandatangan MoU dengan PWI Perwakilan Tulungagung. Ia pun berharap perjanjian tersebut dapat membuat upaya Polres Tulungagung menuju WBK dan WBBM dapat segera terealisasi. (wed)

Tags: