Polisi Apresiasi Driver Ojek Online Penangkap Pelaku Curat

Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo memberikan penghargaan kepada Didik Suyono, driver ojek online penangkap pelaku jambret di Surabaya, Rabu (24/4). [abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Penghargaan bertubi-bertubi terus dirasakan Didik Suyono. Selain diangkat sebagai anggota Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, pengemudi ojek online yang berhasil menggagalkan aksi pencurian dengan pemberatan (curat) atau jambret di Surabaya ini, diberi penghargaan oleh Polsek Tegalsari.
Warga Jl Dukuh Pakis Tengah Surabaya ini mendapat penghargaan dari Polsek Tegalsari. Penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Polsek Tegalsari dengan melakukan upacara di Mapolsek dan dipimpin langsung Kapolsek beserta perwakilan Gojek Surabaya, Rabu (24/4).
Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo mengatakan, keamanan dan ketertiban salah satunya adalah memberantas kriminalitas. Dan hal itu adalah tugas bersama, bukan hanya tugas kepolisian. Sebagaimana instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.
“Ini adalah salah satu contoh, yaitu pengemudi ojek online yang juga merupakan anggota masyarakat, yang patut kita beri apresiasi yang sangat tinggi. Hal itu lantaran partisipasi aktif dalam mengungkap tindak pidana, sekaligus mencegah kriminalitas yang terjadi,” kata Kompol David Triyo Prasojo.
Menurut David, apa yang dilakukan Didik dalam upaya menggagalkan tindak kejahatan penjambretan tersebut adalah tindakan berani. Tanpa rasa takut, dengan mempertaruhkan segala risiko yang bisa saja dihadapi dalam membantu kepolisian. Dan itu semua dilakukan Didik dengan keberanian.
“Didik melakukan pengejaran sendiri, kemudian juga menangkap sendiri, dan juga tidak langsung dihakimi. Tapi langsung diamankan dan melaporkan ke pihak kepolisian,” jelas David.
Atas perbuatan Didik yang berani menangkap pelaku curat sebagaimana perintah Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya, Polsek Tegalsari memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan serta tali asih. Dengan kejadian itu, David berharap masyarakat dapat meneladani sikap dan perilaku yang dilakukan oleh Didik.
“Perbuatan yang dilakukan Didik merupakan perbuatan pemberani. Peran serta masyarakat dalam membantu kepolisian menjaga keamanan dan kondusivitas Kota Surabaya, sangatlah diperlukan,” imbau David.
Sementara itu, Didik merasa terharu dengan apresiasi yang diberikan pihak kepolisian. Dirinya pun tidak menyangka jika perbuatannya akan diganjar penghargaan oleh pihak kepolisian. “Saya sangat terharu dan semoga menjadi panutan bagi driver-driver lain. Jangan takut jika ada kejahatan jalanan,” ungkap Didik.
Sebagaimana diketahui, nama Didik mengemuka setelah aksi heroiknya menggagalkan kejahatan dua jambret di Jalan Dr Soetomo Surabaya. Aksi Didik viral di Facebook sejak Minggu (21/4) sekitar pukul 12.00. Ia terpaksa menurunkan penumpangnya saat mengetahui aksi penjambretan yang dilakukan oleh dua jambret tersebut. Didik kemudian mengejar kedua pelaku hingga kedua pelaku berhasil ditangkap di Jalan Pandegiling Surabaya dibantu warga sekitar. [bed]

Tags: