PN Surabaya Lengang Pasca Libur Lebaran 2019

Situasi lengang nampak di ruang tunggu PN Surabaya di awal masuk pasca libur Lebaran 2019, Senin (10,6). [abednego/bhirawa]

PN Surabaya, Bhirawa
Pelayanan di instansi Pemerintah mulai aktif pada Senin (10/6). Namun aktivitas persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya nampak minim aktivitas dan cenderung lenggang, pasca libur Lebaran 2019.
Berdasarkan pantauan Bhirawa, sebagian ruang sidang di PN Surabaya masih terlihat kosong. Dari 10 ruang sidang di PN Surabaya, ruangan yang kosong dan tidak ada aktivitas sidang diantaranya di Ruang Candra, Tirta I, Tirta II, Sari I dan Sari II. Padahal waktu menunjukkan pukul 14.00, dimana pada hari biasa Majelis Hakim sudah menyidangkan para terdakwa.
Tak hanya ruang sidang, ruang tahanan juga nampak hanya beberapa terdakwa yang siap menjalani sidang. Kemudian ruang tunggu atau lobi PN Surabaya nampak sepi dari pengunjung. Tidak seperti hari-hari biasanya.
Dikonfirmasi terkait hal ini, Humas PN Surabaya, Sigit Sutriono mengatakan bahwa seluruh Hakim karir yang jumlahnya sekitar 27 Hakim ini masuk semua. Terkait tidak adanya proses sidang di ruang sidang seperti biasanya, Sigit mengaku, hal itu bisa dikarenakan ada penundaan sidang, seperti Jaksa nya tidak datang maupun ada penundaan sidang.
“Hal itu bisa dikarenakan beberapa faktor, seperti saksi-saksi yang tidak datang, atau juga Jaksa belum siap dengan tuntutan, sehingga sidang ditunda. Majelis Hakim nya masuk semua, karena tadi pagi (kemarin) ada acara Halal Bihalal, dan Hakim nya ada semua,” kata Sigit Sutriono, Senin (10/6).
Sigit menambahkan, di hari pertama pasca libur Lebaran 2019, ada jadwal sidang yang harus disidangkan. Seperti sidang niaga, pidana, perdata dan permohonan. Namun, Sigit mengaku kurang paham dengan persidangan yang ada di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya di Jl Raya Juanda.
“Sesuai Keppres (Keputusan Presiden No 13/2019 tentang Cuti Bersama PNS Tahun 2019), Senin ini (kemarin) kita harus masuk. dan Majelis Hakim nya lengkap,” tegas Sigit.
Masih kata Sigit, pihaknya meyakinkan bahwa Majelis Hakim PN Surabaya masuk semua di hari pertama pasca libur Lebaran 2019. Sebab, saat acara Halal Bihalal digelar, semua Majelis Hakim PN Surabaya lengkap.
“Saat acara Halal Bihalal lengkap dan ada absennya. Setelah itu saya tidak tahu, dan tidak mungkin saya pantau satu-satu,” pungkasnya. [bed]

Tags: