Pilkades Jatirejo Nyaris Ricuh dengan Anggota DPRD Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri, Bhirawa
Pilihan Kepala Desa (Pilkades )Serentak di Kabupaten Kediri secara umum cukup lancar, namun ada satu desa yang sempat menjadi sorotan akibat warga ricuh dengan salah satu anggota DPRD Kabupaten Kediri.
Anggota DPRD Kabupaten Kediri Antok Prapungka dianggap ikut campur dalam urusan Pilkades Desa Jati Rejo Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Warga menyebut yang anggota dewan dari partai Nasdem itu bukan warga Desa Jati Rejo,
Menurut salah satu warga Gondang, Sohib, Kedatangan warga ke rumah anggota DPRD ini karena memfasilitasi tempat untuk makan warga yang akan mencoblos calon kepala desa ” Wajar kami curiga, kita mendatangi mereka, karena untuk menjaga kondisifitas pilihan kepala desa yang saat ini digelar” kata Sohib
Menurut Shokip, warga berselisih paham karena dipicu lokasi rumah milik Antok Prapungka tidak berada di wilayah Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. “Soalnya kalau mengundang makan dan berada di luar desa kan nggak boleh. Kita inginnya kondusif. Lokasi rumah tadi berada di Desa Banyakan, hal ini tadi yang memicu warga berselisih paham,” jelasnya.
Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kediri, Partai NasDem, Antok Prapungka Jaya menegaskan jika tidak ada arahan maupun bagi-bagi uang dalam acara makam gratis yang digelar di rumahnya tadi pagi.
“Ini tadi sebenarnya hanya ada mis komunikasi. Ini murni acara makan gratis dan tidak ada yang mengarahkan harus mencoblos salah satu calon,” tuturnya.
Kendati demikian, ia juga mengakui jika undangan makan gratis ini memang dibiayai oleh salah satu calon Pilkades Desa Jatirejo. “Memang makan gratis ini dibiayai oleh salah satu calon. Kit tadi mengundang warga karena memang keluarga istri saya banyak di Dusun Gondang, Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Sedangkan rumah saya juga tidak jauh dari Dusun Gondang,” tandasnya.
Situasi akhirnya mereda setelah petugas kepolisian datang ke lokasi rumah milik Antok Prapungka. Polisi meminta warga yang datang kelokasi segera membubarkan diri usai makan di rumah anggota dewan Kabupaten Kediri tersebut.
Diketahui, Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri memiliki jumlah pemilih sekitar 3.700 suara. Dari jumlah itu meliputi l tiga dusun yakni Dusun Gondang, Dusun Dau dan Dusun Jatirejo. Pilkades di Desa Jatirejo yang digelar Rabu (30/10) terdapat dua calon yakni Solikin yang merupakan incumbent dan lawannya Mohamad Sodik yang bekerja sebagai bayan di desa tersebut. [Van]

Tags: