Pilbup Tahun 2020, Usulkan Anggaran Rp 53 Miliar

Nikmatus Sholihah

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Blitar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar alokasikan anggaran Rp. 53 miliar.
Bahkan persiapan Pilkada atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Blitar akan dimulai pada September 2019 mendatang mengingat pemilihan sendiri akan dilakukan pada 23 September 2020 mendatang.
Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Keuangan Umum dan Logistik, Nikmatus Sholihah mengatakan berdasarkan hasil pleno KPU Kabupaten Blitar, pihaknya merencanakan anggaran Pilkada 2020 senilai Rp 53 miliar. Namun demikian, pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah anggaran yang akan disetujui Pemkab Blitar.
“Direncanakan untuk tahapan Pilkada Kabupaten Blitar tahun 2020 akan dimulai pada September 2019, sehingga kebutuhannya telah direncanakan semuanya sebesar Rp. 53 miliar,” kata Nikmatus Sholihah.
Lanjut Nikmatus Sholihah, untuk salah satu persiapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar adalah merencanakan anggaran sesuai PKPU maupun aturan keuangan yang ada di KPU, serta disesuaikan dengan Standar Biaya Minimal (SBM) di Kabupaten Blitar.
Untuk itu saat ini pihaknya masih melakukan presentasi dan rasionalisasi dari usulan atau proposal anggaran Pilkada 2020 yang direncanakannya tersebut ke Pemkab Blitar.
“Setelah itu selesai, baru Pemkab Blitar akan memberikan hibahnya untuk Pilkada 2020 ke KPU Kabupaten Blitar untuk alokasi anggarannya,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Nikmatus Sholihah, terkait rencana anggaran Pilkada 2020 pihaknya juga sudah mempresentasikan ke DPRD Kabupaten Blitar sebanyak tiga kali, sementara ke Pemkab Blitar masih satu kali dan kini menunggu jadwal presentasi yang kedua kalinya.
“Perencanaan seluruh anggaran Pilkada di Kabupaten Blitar kami sesuaikan dengan Standar Biaya Minimal Pemkab Blitar, sehingga hal ini kami selalu koordinasikan dengan Pemkab Blitar,” pungkasnya. [htn]

Tags: