Pertengahan Tahun, Retribusi Tempat Wisata Pasuruan Lampui Target

Wisatawan menikmati pemandangan Gunung Bromo dari penjakan di Tosari Kabupaten Pasuruan. Kawasan Bromo merupakan penyumbang ke dua penerimaan retribusi. [hilmi husain/bhirawa]

Pasuruan, Bhirawa
Naiknya tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pasuruan membuat penerimaan retribusi dari tempat wisata yang dikelola Pemkab Pasuruan sudah melebihi target.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan, Agung Maryono menyampaikan sejak Juli lalu, tercatat sudah mencapai Rp 802,6 juta atau 100,3 persen dari target. Sementara itu, akhir agustus lalu, penerimaan retribusi menyentuh angka Rp 860 juta.
“Target akhir tahun ini adalah Rp 800 juta. Akhir Juli kemarin, penerimaan retribusi dari tempat wisata sudah melebihi target. Yakni sudah di angka Rp 802,6 juta atau 100,3 persen dari target,” ujar Agung Maryono, Senin (9/9).
Dirincikan, lanjut Agung, pemandian Alam Banyubiru di Kecamatan Winongan penyumbang PAD paling tinggi, yakni sekitar Rp 600 jutaan. Libur lebaran dan libur sekolah pemandian Banyubiru bisa mencapai Rp 333,535 juta.
“Wacana Pemkab Pasuruan akan membangun Pemandian Syariah di pemandian Banyubiru menjadi daya tarik masyarakat. Sehingga, kunjungannya meningkat drastis,” tandas Agung Maryono.
Selain itu, tempat wisata lain yang juga turut mendongkrak realisasi penerimaan dari tiket masuk ke Tosari. Tercatat sampai 28 Juli kemarin sudah mencapai Rp 180 juta dari target Rp 70 juta. Disusul Danau Ranu Grati di Kecamatan Grati yang mencapai Rp 21,6 juta.
“Meningkatnya kunjungan wisatawan juga dipengaruhi oleh akses jalan yang bagus menuju wisata di Kabupaten Pasuruan,” kata Agung Maryono.
Karena target tahun ini sudah terpenuhi, sehingga tahun depan kemungkinan akan menaikkan kembali target retribusi wisata.
“Tahun 2020 traget retribusi di perubahan APBD mendatang kemungkinan akan dinaikkan. Tentu, kami akan kembali melakukan suatu trobosan-trobosan yang inovatif di tahun depan, supaya bisa seperti ini lagi,” ungkap Agung Maryono. [hil]

Tags: