Permudah Pasangan Nikah Siri Urus Surat Kelengkapan di Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkot Batu berjanji semua anak atau bayi yang terlahir di Kota Batu, tidak akan kesulitan dalam mengurus administrasi sah secara hukum seperti akte. Kesulitan seringkali terjadi pada pengurusan akte untuk anak dari pasangan di bawah tangan atau nikah siri.
Sehingga Bagian Kesra segera melakukan kordinasi dengan Dispendukcapil dan Kemenag setempat. Kabag Kesra Kota Batu, Ismail Abdul Gani mengatakan, pernikahan sah yang tercatat di Lembaran Negara memang menjadi bagian yang penting yang harus dimiliki setiap pasangan suami istri. Dan pasutri tak akan memiliki dokumen atau surat nikah jika melaksanakan nikah di bawah tangan atau nikah siri.
”Anak yang terlahir dari pernikahan siri biasanya tidak memiliki surat keterangan resmi atau akte kelahiran. Untuk itu Kami (Kesra) akan berkordinasi dengan Dispendukcapil dan juga Kemenag untuk membantu anak-anak ini memiliki akte kelahiran resmi,” ujar Ismail, Rabu (18/9).
Upaya ini dilakukan agar anak-anak yang belum memiliki akte resmi akan berdampak ybs tidak bisa mengurus dokumen kependudukan ataupun kelengkapan administrasi Negara yang lain secara sah. Akibatnya anak-anak tersebut tidak memiliki legalitas yang kuat.
”Jika anak – anak ini terus tidak memiliki dokumen kelahiran maupun kependudukan yang sah, maka akan berpengaruh buruk pada perkembangan psikologis dari anak itu. Hal inilah yang tidak diinginkan Pemerintah Kota Batu,” jelas Ismail.
Upaya yang sama juga diberikan kepada para pasutri nikah siri. Mereka juga diupayakan agar status pernikahannya bisa segera tercatat di Kantor Kemenag. Karena hingga kini masih banyak masyarakat di Kota Batu yang masih nikah di bawah tangan atau nikah siri.
Dengan program ini, lanjut Ismail, diharapkan agar pendataan perkawinan lebih mudah dan sah secara hukum Negara. Dan menghentikan kebiasaan penyelenggaraan nikah massal. Karena dikhawatirkan hal ini akan mengganggu perkembangan psikologis anak keturunannya. Dan khusus hal ini pihaknya bakal menggandeng PKK untuk menyampaikan himbauan ini kepada masyarakat. [nas]

Tags: