Perkuat Identitas Pelajar Surabaya Lewat Lagu

Zaenal Arifin

Zaenal Arifin
Pembuktian diri tidak melulu harus menjadi juara. Bahkan meraih puluhan prestasi. Lebih dari itu, pembuktian diri bisa ditafsirkan menjadi sosok yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Hal itulah yang kemudian mendasari Zaenal Arifin, untuk membuktikkan dirinya sebagai seorang seniman musik. Hal itu juga tidak terlepas dari semangat rekan-rekan seprofesi guru di SMAN 15 Surabaya yang mendulang banyak prestasi.
“Ini yang akhirnya membuat saya untuk menunjukkan identitas saya. Basic saya musik, guru musik saya harus bisa membuktikkan dengan itu,”ungkap dia. Oleh karena itu, Festival Ekskul dan Pameran Pendidikan 2019 yang diadakan beberapa waktu yang lalu, menjadi kesempatan emas bagi dia untuk membuktikkan diri. Zaenal begitu pria ini akrab disapa, berinisiatif untuk menciptakan sebuah lagu yang menggambarkan kondisi pendidikan dan siswa SMA SMK di Kota Surabaya. Dengan judul SMA-SMK Surabaya Hebat, ia mampu membakar semangat, persaudaraan dan jiwa kompetitif siswa untuk menguatkan identitas mereka sebagai pelajar dan anak-anak Surabaya.
Bahkan, lagu yang membutuhkan waktu satu hari dalam penulisan lirik itu, saat ini menjadi teme song ‘wajib’ yang harus diputar dilingkungan SMA SMK negeri/swasta se Surabaya.
“Targetnya memang kesana. Karena lirik yang saya buat menyesuaikan kondisi pelajar di Surabaya yaitu untuk memotivasi siswa agar menjunjung sportifitas dan jiwa kompetitif namun tidak meninggalkan persaudaraan,” ujar dia. Selain memotivasi siswa melalui lagu yang ia ciptakan, Waka Kesiswaan SMAN 15 Surabaya ini mengatakan jika lagu tersebut untuk memacu siswa dalam berkarya.
Mengingat menurut dia, pengaruh musik sangat besar untuk ‘mendoktrin’ siswa untuk berbuat positif.
“Fungsi musik ini salah satunya untuk penyegaran otak dan motivasi. Lagu ini saya ciptakan untuk membangun itu, membangun kepribadian yang baik dan mengajak mereka untuk terus berkarya,”paparnya.
Jika ditanya kepuasan terbesar saya, sambung dia, adalah membuat karya dan mendapat apresiasi yang baik dari para pendengar. Terutama apresiasi dari Kepala Cabang Dindik Jatim wilayaha Surabaya-Sidoarjo dan juga Kasek SMA SMK negeri/swasta di Surabaya. “Karena apresiasi tidak hanya dinilai dari sisi komersial saja,” imbuh dia.
Ke depan, dengan capaian yang sesuai target tersebut, suami dari May Yustin ini berencana untuk mematenkan teme song SMA SMK Surabaya Hebat. Selain itu, ia juga akan fokus untuk mengurus lagu tersebut menjadi nada dering (nsp) sehingga bisa dinikmati semua pihak. terutama para guru dan kepala SMA/SMK di Surabaya.
“Saya berharap ini menjadi lagu kebanggaan bagi SMA/SMK di Surabaya. Apalagi lagu ini juga memicu semangat yang lain untuk berkarya. Saya pun sangat senang membuat karya ini,” pungkas dia. [ina]

Tags: