Peringati HSN, SMK Manbaul Ulum Gelar Lomba

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Cabang Bondowoso-Situbondo, Mahrus Syamsul (tengah) didampingi Kepala SMK Manbaul Ulum. [Ihsan kholil]

Bondowoso, Bhirawa
Menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019, SMK Manbaul Ulum, Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan berbagai lomba yang diikuti ratusan santri dari sejumlah lembaga pendidikan Pondok Pesantren dan SMK se – Bondowoso, dimulai 16 hingga 22 Oktober, Selasa, besok.
Dengan mengangkat tema, Mengokohkan Jiwa Pemimpin Berkarakter Santri Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Tentunya sejumlah lomba yang disajikan diantaranya Lomba pidato bahasa Inggris, lomba membaca puisi, dan sepak bola mini, serta lomba Tartil Alquran.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jatim, Cabang Bondowoso-Situbondo, Mahrus Syamsul yang juga hadir mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya yang sangat bagus dari teman-teman yang ada di Pondok Pesantren Manbaul Ulum. Utamanya untuk ajang silaturahmi dan edukasi kepada kaum santri.
Tentunya, kata Kadis Dikbud Pempov Jatim itu, dia sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, diharapkan para generasi terus bersatu. Dan tak mudah terprovokasi. Mengingat sebagaimana yang diharapkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
“Dengan kegiatan yang positif ini anak – anak jelas tidak terprovokasi. Apalagi ini untuk memperingati HSN. Sebab kita tahu sewaktu jaman kemerdekaan partisipasi dari para santri sangat luar biasa,” jelasnya Mahrus Samsul, Sabtu (19/10) kemarin.
Mahrus menilai, kegiatan seperti ini untuk menumbuhkan kembali semangat santri dan ulama, dalam memperjuangkan agama, bangsa dan negara. Maka diharapkan, lomba dalam rangka memperingati HSN ini menjadi awal yang baik, serta terus berlanjut di tahun yang akan datang.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Manbaul Ulum, Hairul Baqi SPdI menjelaskan, kegiatan ini lebih untuk membangun silaturahim antar siswa dari setiap lembaga di Kabupaten Bondowoso.
“Tujuan kegiatan ini, untuk membangun nilai – nilai Ukhuwah Islamiyah, antara peserta didik,” terangnya.
Diketahui, SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan yang berada di Pondok Pesantren dibawah asuhan Bupati Salwa Arifin. Menyajikan berbagai kegiatan lomba, yang diikuti total sekitar 150 peserta. Dengan empat kategori lomba, yakni pidato bahasa inggris, puisi dan tartil tingkat SMP/MTs sederajat. Serta sepak bola mini tingkat SMK/SMA sederajat. [mb11]

Tags: