Pengembangan Tiga Destinasi Wisata Selesai Desember

Wisata Pantai Bentar terus berbenah, kini tambah satu dermaga lagi.

Probolinggo, Bhirawa
Pengerjaan proyek pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo, yang sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata 2018 dalam proses pengerjaan. Pengerjaan proyek yang dananya mencapai Rp 3,7 miliar itu ditarget rampung dalam bulan Desember ini dan dapat dimanfaatkan pengembangannya.
Tempat wisata yang dikembangkan dengan menggunakan DAK itu di antaranya, Pantai Bentar, wisata bawah air di Pulau Gili Ketapang, dan Ranu Agung. Di tiga tempat wisata ini dibangun sejumlah pembangunan fasilitas penunjang. Sehingga, nantinya akan makin banyak dikunjungi wisatawan.
Kasi Pengelola Destinasi Wisata Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Musa, Minggu (2/12) mengatakan, pengerjaan tiga lokasi wisata itu sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Seperti, di Pantai Bentar tinggal finishingnya.
“Serentak dilakukan bersama. Kecuali untuk yang di Ranu Agung beda sendiri. Karena lelangnya terakhir,” ujarnya.
Musa mengatakan, pembangunan dilakukan mulai 10 Juli 2018. Itu, pembangunan di Pulau Gili dan Pantai Bentar. Sedangkan, di Ranu Agung mulai dilakukan pada 17 Juli 2018. “Lelangnya berbeda, jadi tidak sama dimulai pembangunannya,” katanya. Proyek yang menggunakan anggaran dari APBN itu ditargetkan rampung pada Desember 2018. Sehingga, jika dihitung dari sekarang ada waktu sekitar satu bulan.
“Selesainya semua pada bulan Desember. Semua fasilitas yang dibangun sudah bisa digunakan pada akhir tahun nanti,” jelasnya.
Dengan selesainya fasilitas tambahan pada akhir tahun nanti, menurut Musa, bisa semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Tahun ini, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 200.000 lebih.
“Semoga Kabupaten Probolinggo semakin maju. Terutama, di sektor pariwisatanya,” harapnya.
DAK 2018 dari Kementerian Pariwisata Rp 3,7 miliar. Dana ini digunakan untuk pengembangan fasilitas wisata di tiga objek wisata. Yaitu, Pantai Bentar akan ditambah dua dermaga dan satu pasar kuliner; Gili Ketapang membangun div center; dan untuk Ranu Agung dibangun jalan setepak dan toilet.
Lebih lanjut dikatakannya, pantai ini begitu indah, dari sisi sunsetnya juga bagus serta ada jembatan dermaga yang cukup panjang, pantai ini jadi lokasi favorite sebagai tempat photo Pre Wedding. Tempat paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah jembatan kayu sepanjang 50 meter yang menjorok ke tengah laut. Dengan background laut lepas, jembatan kayu ini memang menawarkan spot yang cukup baik untuk “selfie”.
“Jika ditambah satu dermaga lagi yang saat ini sedang dalam pembangunan, maka kami yakin sebagai pengelola, akan lebih mempesona,” tuturnya. [wap]

Tags: