Pengadaan Mobil Operasional Polsek dan Koramil Dianggarkan Rp15 M

Foto ilustrasi

Gresik, Bhirawa
Polsek dan Koramil se Kab Gresik dalam waktu dekat bakal mendapat mobil operasional dari Pemkab Gresik . Untuk pengadaan mobil operasional itu kini masih dalam pembahasan DPRD Gresik. Pengadaan mobil operasional Koramil dan Polsek itu dinilai sangat urgen. Sebab, Koramil dan Polsek itu merupakan ujung tombak masyarakat.
”Sebab mobil operasional itu juga untuk melayani kebutuhan masyarakat,” tegas Ahmad Nurhamim, Ketua DPRD Gresik, Senin (5/8) kemarin.
Tidak hanya itu, Nur Hamim mengaku poin penting adalah adanya kesanggupan dalam peningkatan pelayanan pada masyarakat. ”Masih dalam pembahasan internal. Jika urgensinya tinggi pasti didukung. Kemudian hasil internal akan kita bahas di finalisasi,” terangnya.
Legislator Partai Golkar ini menambahkan, mobil operasional akan diberikan pada seluruh Koramil dan Polsek di Kab Gresik rencananya bersatatus hibah pemerintah.
Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Gresik, Sukardi, membenarkan penganggaran pengadaan mobil operasinal membantu instansi vertikal nantinya. Lewat Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-PAPBD) 2019 Pemkab Gresik menggelontorkan anggaran Rp15 miliar.
Dialokasikan untuk pengadaan mobil operasional Polsek dan Koramil di 18 kecamatan dan mobil pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). ”Pengadaan kendaraan ini untuk membantu operasional Polsek, Kodim dan Forkopimda, namun kendaraan itu nanti bersifat pinjam pakai, bukan hibah,” terang Sukardi.
Anggarannya sebesar Rp15 miliar. Rinciannya, untuk pengadaan 50 mobil operasional Polsek dan Koramil di 18 kecamatan dengan total anggaran Rp 2 miliar. ”Per unit kendaraan pagunya Rp245 juta. Sementara lima mobil operasianal Forkopimda, yakni Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua PN, dianggarkan Rp3 miliar, atau per unit pagunya Rp600 juta,” imbuhnya.
Pengadaan dilakukan melalui e-katalog. Rencana awal standar untuk kendaraan Polsek dan Koramil adalah sejenis Avanza, Ertiga dan XPander dan untuk Forkopimda Fortuner.
Sukardi memaparkan, pertimbangan mengadakan kendaraan dimaksud adalah membantu operasional pejabat Polsek dan Koramil mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarkat.
”Selama ini, pejabat Polsek dan Koramil masih menggunakan sepeda motor R2, harapannya adanya kendaraan dimaksud makin memudahkan pelayanan masyarakat,” tuturnya. [eri]

Tags: