Pemprov Usulkan 2.185 Lowongan ASN

Anom Surahno SH MSi

Seleksi CPNS Bersamaan dengan PPPK
Pemprov, Bhirawa
Rekrutmen Aparatus Sipil Negara (ASN) kembali akan dibuka Pemprov Jatim tahun ini. Total kebutuhan pegawai yang diusulkan ke Kementerian PAN-RB mencapai 2.185 lowongan yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerjasama.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno menuturkan, pihaknya baru menaikan surat ke Sekdaprov Jatim terkait usulan formasi CPNS dan PPPK ke KemenPAN-RB. Usulan formasi tersebut berdasarkan prinsip zero growth atau Batas Usia Pensiun (BUP).
“Nanti tergantung MenPAN-RB, usulan mana yang akan dibuka lowongan untuk formasi di Pemprov Jatim,” tutur Anom, Rabu (12/6).
Setelah formasi ditentukan, diperkirakan pada Agustus mendatang BKD baru akan membuka rekrutmen CPNS seperti tahun lalu. Selanjutnya tes akan dilakukan pada Oktober 2019.
Tahun lalu, tutur Anom, jumlah lowongan yang dibuka Pemprov Jatim mencapai 2.242 formasi. Namun, dari jumlah tersebut hanya terisi 1.964 formasi. Dari formasi tersebut, animo pendaftarnya cukup tinggi, yakni mencapai 63 ribu pelamar.
Seperti tahun lalu, Anom mengaku bahwa tahun ini formasi paling besar juga terbuka untuk tenaga pendidik dan disusul tenaga kesehatan. “Kuota yang diberikan MenPAN kita belum tahu. Belum tentu juga yang kita usulkan diterima semua,” ungkap dia.
Dalam rekrutmen CPNS tahun ini, BKD sekaligus juga melakukan seleksi PPPK. Presentasenya ialah 70 persen CPNS umum dan 30 persen P3K. Namun, usulan yang diajukan ke KemenPAN-RB untuk PPPK ini berbeda dengan CPNS. “Untuk lowongan PPPK ini akan dikhususkan lebih dulu untuk pegawai K-2,” ungkap Anom.
Di singgung terkait formasi untuk dokter spesialis, Anom mengaku hingga kini belum ada perubahan maupun pengecualian dari pemerintah. Perubahan tersebut membutuhkan perubahan dalam undang-undang atau keputusan presiden. “Sampai saat ini Kepresnya tidak turun-turun. Tahun kemarin dokter spesialis kosong itu ada sekitar 54,” pungkas dia. [tam]

Rate this article!
Tags: