Pemprov Pastikan Pelaksanaan Tes CPNS Sesuai Jadwal

Sekdaprov Jatim Dr Heru Tjahjono memimpin rapat persiapan tes CPNS berbasis CAT yang akan dilaksanakan di Kanreg BKN II.

Sejumlah Daerah Tunda Jadwal Tes
Pemprov Jatim, Bhirawa
Panitia seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Jatim memastikan jadwal pelaksanaan tes kompetensi dasar berbasis Computer Assisted Test (CAT) tidak akan mundur. Karena itu, berbagai persiapan terus dimatangkan untuk melaksanakan tes yang akan digelar besok, Jumat (26/10).
Dalam persiapan tersebut, Sekdaprov Jatim Dr Ir Heru Tjahyono akan mengecek secara langsung lokasi tes yang berada di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara atau Kanreg II BKN, Jl. Letjen S. Parman, Waru, Sidoarjo. Hal itu disampaikan Sekdaprov Heru saat rapat tim panitia seleksi CPNS Pemprov Jatim Tahun 2018 di Ruang Kerja, Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Rabu (24/10).
Sekdaprov Heru mengatakan, tujuan pengecekan tersebut untuk memastikan bahwa tes CPNS Pemprov Jatim tahun ini akan berjalan dengan aman dan lancar, serta tidak ada masalah atau komplain yang timbul di kemudian hari.
Mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim ini menambahkan, beberapa hal yang akan dicek besok diantaranya, 500 komputer yang akan digunakan para peserta CPNS, ruangan tes, jaringan internet, kestabilan listrik, tempat tunggu peserta sebelum masuk ke ruangan tes, hingga ruang kesehatan untuk para peserta.
“Kami juga akan melakukan simulasi, bagaimana jika 500 komputer dipakai bersamaan, kemudian listrik dimatikan, dan genset dinyalakan, masih amankah? Kami ingin memastikan semua lancar, karena ini bagian dari good service pemerintah kepada para peserta, sebab ada 51.988 peserta yang akan mengikuti tes CPNS Pemprov Jatim” katanya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno menambahkan, panitia seleksi CPNS Pemprov Jatim telah berkomitmen untuk melaksanakan tes sesuai jadwal. Sebab, seluruh perangkat pendukung telah disiapkan. Selain itu, proses verifikasi administrasi pelamar CPNS juga telah rampung. “Beberapa daerah ada yang mundur jadwal tesnya. Yang tetap menggelar tanggal 26 itu Pemprov dan Pemkab Jember,” ungkap Anom.
Beberapa daerah yang mengajukan mundur, disebutkannya antara lain, Pemkot Surabaya digelar 29 Oktober, Pemkab Pamekasan 31 Oktober, Pemkab Sidoarjo 2 November, Pemkab Sumenep 5 November dan Pemkab Bangkalan 13 November. “Tidak masalah itu mundur. Karena memang kesiapan dan pilihan waktunya masing-masing. Tetapi yang pasti, 17 November tes kompetensi dasar itu sudah harus diumumkan hasilnya,” pungkas Anom. [tam]

Tags: