Pemkot Blitar Larang Becak Masuk Area City Walk MBK

Tampak area area City Walk Makam Bung Karno yang kini dilarang untuk dilewati kendaraan umum lainnya maupun Becak Wisata.[Hartono/Bhirawa]

Kota Blitar, Bhirawa
Selesainya pembangunan Halte Becak area Makam Bung Karno, Pemerintah Kota Blitar melarang Becak Wisata beroperasi di Area City Walk Makam Bung Karno.
Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Blitar, Heru Santoso mengatakan dengan selesainya pembangunan Halte Becak Wisata oleh Pemerintah Kota Blitar, saat ini pihaknya mulai menerapkan larangan terhadap becak wisata untuk masuk di kawasan City Walk Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar yang merupakan akses utama menuju Makam Bung Karno.
“City Walk Makam Bung Karno ini khusus untuk pejalan kaki, sehingga Becak Wisata dilarang masuk kawasan ini,” kata Heru Santoso.
Lanjut Heru, hal ini dilakukan karena Pemkot sudah menyiapkan halte khusus untuk Becak Wisata yang biasa menjemput dan mengantar pengunjung wisata Makam Bung Karno dari PIPP atau area Parkir Bus di PIPP yang kini trelah dibuatkan Halte di jalan Kalasan Kota Blitar.
“Jadi kini Becak Wisata hanya diperbolehkan mengantar dan menjemput penumpang di halte saja, dan tidak diperbolehkan masuk di area City Walk,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Heru, larangan melintasi area City Walk MBK ini tidak hanya untuk Becak Wisata saja, namun untuk semua kendaraaan, baik sepeda motor maupun mobil yang selama ini mamasuki kawasan area City Walk MBK.
“Ini juga berlaku kepada semua kendaraan, sehingga area area City Walk MBK hanya dilewati pejalan kaki saja dan bukan seperti jalan umum lainnya,” terangnya.
Heru menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pos pengamanan di bagian selatan untuk menjaga kendaraan agar tidak masuk ke kawasan City Walk Kota Blitar.
“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki kawasan area City Walk dengan menggunakan kendaraan,” pungkasnya. [htn]

Tags: