Pemkot Batu Komitmen Tingkatkan SDM Pengajar PAUD

Walikota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, MSi dan Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri Punjul Santoso serta ribuan anak-anak saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019 di Halaman Balaikota Among Tani Batu, Senin (22/7) pagi.

Momentum Peringatan HAN 2019
Kota Batu, Bhirawa
Ribuan siswa PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA ikut memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 di Halaman Balaikota Among Tani Batu, Senin (22/07) pagi. Ketua TP PKK Kota Batu, Wibi Asri Punjul Santoso menekankan pentingnya peran keluarga dalam pengasuhan dan perlindungan anak. Selain itu harus terus diperjuangkan agar anak-anak Kota Batu bisa mendapatkan hak-haknya secara utuh.
Wibi menjelaskan bahwa beberapa hak yang harus diberikan kepada anak-anak di antaranya adalah hak hidup, hak untuk dilindungi, hak untuk berpartisipasi, dan hak untuk mendapatkan lingkungan yang ramah anak.
“Untuk menenuhi hal itu, keluarga adalah yang utama selain adanya peningkatan kualitas SDM pengajar atau pendamping PAUD dalam mencerdaskan anak bangsa. Dan Pentingnya kualitas pengasuhan dan peran keluarga dalam perlindungan hak-hak anak menjadi prioritas dalam HAN 2019,” ujar Wibi, Senin (22/7).
Ditambahkan Kasi PAUD Dinas Pendidikan Kota Batu, Siti Chotipah bahwa selain peran keluarga, peningkatan SDM bagi pengajar atau pendamping PAUD juga sangat penting. Untuk melakukan peningkatan tersebut pihaknya terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menggelar diklat secara berjenjang.
Saat ini telah ada 200 guru pendamping yang telah mengikuti diklat dasar. “Kemudian 100 guru mengikuti diklat lanjut dan 50 guru PAUD akan mengikuti diklat mahir pada bulan Oktober nanti,”ujar Chotipah.
Adapun saat ini di Kota Batu terdapat sekitar 900 pengajar atau pendamping PAUD. Hampir 85 persen adalah lulusan S1 PAUD, sedangkan sisanya adalah lulusan di luar jurusan PAUD.
“Bagi pendamping yang bukan lulusan PAUD ini. Kami akan ikutkan dalam program peningkatan kualitas pendamping. Ini agar semua pendidik PAUD di Kota Batu memiliki kompetensi di bidangnya,” tambah Chotipah.
Dalam apel bersama peringatan HAN 2019 Kota Batu juga digelar gebyar seni dan launching lagu PAUD Kota Batu. Turut hadir Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko MSi bersama Wawali, Ir Punjul Santoso, MM Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo M.H dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu. [nas]

Tags: