Pemkab Situbondo Launching 13 Wisata Unggulan Kampung Kerapu

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Wabup Yoyok Mulyadi dan jajaran Forkopimda melaunching 13 lokasi wisata pada program tahun kunjungan wisata di Kampung Kerapu Minggu malam (24/3). (sawawi/bhirawa)

(Tahun Kunjungan Wisata 2019)

Situbondo, Bhirawa
Di Tahun Kunjungan Wisata Situbondo 2019, Pemkab Situbondo melaunching 13 lokasi wisata unggulan di pusat Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, Minggu malam (24/3).
Peresmian ini dilakukan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dengan didampingi Wabup Yoyok Mulyadi dan jajaran Forkopimda Situbondo.
Beberapa jam sebelumnya, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meresmikan kawasan eko wisata Kampung Blekok, di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit Situbondo.
Dalam arahannya yang disampaikan Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, Pemkab Situbondo menginginkan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pengelolaan tempat wisata Situbondo diperlukan koordinasi yang intens.
Sehingga, urainya, tidak terkesan saling menjatuhkan dalam pengelolaan maupun pengembangan wisata unggulan di Situbondo.
“Harus saling koordinasi antar elemen atau pengelola,” ucap Wabup Yoyok Mulyadi.
Wabup Yoyok juga menyinggung soal pemerintah yang tidak mendatangkan investor dalam pengembangan parwisata.
Ini dilakukan, ulasnya, karena ia ingin menumbuhkan usaha baru dari masyarakat di sekitar tempat wisata serta dapat mengutamakan peran serta masyarakat lokal.
“Jika ada kekurangan dalam pertumbuhan dan perkembangan wisata, saya minta semua pihak untuk saling membantu sehingga pertumbuhan wisata di Situbondo dapat berjalan dengan baik dan kedepan semakin baik lagi,” terang mantan Kadis PUPR Kabupaten Situbondo itu.
Di sela sela peresmian ikon wisata andalan Situbondo di Kampung Kerapu, Pemkab Situbondo juga menampilkan tarian khas Situbondo bernama Tarian Landhung. Tarian Landung yang merupakan hasil karya seniman Situbondo ini selanjutnya akan ditahbiskan menjadi tarian ikon Kabupaten Situbondo. [awi]

Tags: