Pemkab Situbondo Anggarkan 544 PAUD Rp11 Miliar

Salah satu kegiatan pendidikan PAUD seperti ini yang akan mendapatan bantuan dana BOP dari Pemkab Situbondo. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mulai menganggarkan dana operasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp 11 miliar pada tahun 2019 ini. Anggaran sebesar ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD 2019. Anggaran dana sebesar Rp 11 miliar tersebut akan diperuntukan bagi 544 PAUD se-Kabupaten Situbondo. Anggaran ini sedianya untuk beberapa jenis kegiatan. Misalnya saja seperti kegiatan pembelajaran dan bermain serta penyediaan alat mengajar bagi tenaga pendidik.
Menurut Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Situbondo, Tri Cahya Setiyaningsih, penggunaan DAK sudah ada petunjuk teknisnya sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 04 tahun 2019. Kata Tri Cahya Setiyaningsih, di dalam Permendikbud RI tersebut juga sudah dijelaskan tentang petunjuk tehnis (juknis) penggunaan DAK non fisik BOP. “Anggaran dana bisa juga dipergunakan untuk kegiatan pendukung berupa penyediaan makanan tambahan, pembelian obat-obatan ringan dan pertemuan dengan orang tua siswa,” beber Tri Cahya.
Mantan Kabag Kinerja Setdakab Situbondo itu menambahkan, dana sebesar itu bisa dianggarkan untuk kegiatan lain seperti penyediaan sarana-prasarana. Masing-masing alokasi anggarannya, kata Tri Cahya, maksimal sebesar 35 persen dan 15 persen. Untuk tahun ini, sambung mantan Kabag Pembangunan itu, belum memproses pencairan ke lembaga lembaga PAUD. “Termasuk untuk tahapan tahapan pencairan juga sudah diatur dalam Permendikbud RI tersebut,” urai Tri Cahya.
Masih kata Tri Cahya, untuk proses pencairan dana 11 miliar tersebut, pihaknya sampai saat ini masih menunggu permohonan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Situbondo. Kata Tri Cahya, Disdikbud Kabupaten Situbondo nanti harus melakukan pengajuan pencairan baru setelah itu DPPKAD melakukan kajian atas usulan tersebut untuk selanjutnya disesuaikan dengan petunjuk tehnisnya. “Yang jelas Disdikbud tidak diperkenankan mengajukan insentif guru PAUD karena tidak diperkenankan dan juga tidak difasilitasi,” beber Tri Cahya.
Salah satu pimpinan PAUD di Situbondo yakni TK Al Amin, Upi Tisiana, menyambut baik ketika di mintai tanggapannya perihal bantuan BOP miliaran rupiah dari Pemkab Situbondo. Dengan adanya bantuan tersebut, kata Ketua IGTKI Kabupaten Situbondo itu, kualitas pendidikan tingkat PAUD kedepan akan semakin meningkat.
“Termasuk jika ada dana untuk penyediaan alat mengajar bagi para pendidik PAUD otomatis akan dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar, sehingga semakin berkualitas,” pungkas Upi Tisiana. [awi]

Tags: