Pemkab Sekolahkan Puluhan Anak Jalanan Gratis

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat diwawancarai sejumlah wartawan, Rabu (20/02). [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
Sejumlah 21 anak jalanan di sekolahkan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang. 10 diantaranya telah berhasil menyelesaikan pendidikannya dan bekerja di Dinas Sosial setempat.
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menjelaskan, pendidikan gratis ini diberikan sesuai dengan jenjang pendidikan terakhir mereka ketika putus sekolah. Mereka selanjutnya akan diberikan pendidikan paket atau penyetaraan.
“Dari 21 anak, 15 diantaranya masih sekolah paket sesuai dengan jenjang saat mereka putus sekolah, kita bina, kita sadarkan agar tidak lagi berkeliaran di jalanan,” ujar Bupati Jombang, kemarin.
Upaya tersebut menurutnya merupakan komitmen Pemkab Jombang untuk menjadikan wilayahnya Kabupaten Layak Anak. Ia berharap, seluruh sudut wilayah di Jombang bersih dari anak jalanan maupun anak punk. Selain pembinaan, upaya ini juga dibuktikan dengan memberikan pendidikan secara gratis kepada anak jalanan yang putus sekolah dan yang terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Jombang.
Bagi anak jalanan yang terjaring razia, menurut Bupati, akan dilakukan pendataan identitas mereka masing-masing. Mereka yang berasal dari wilayah Jombang langsung diserahkan kepada rumah rehabilitasi dibawah naungan Dinas Sosial.
“Jadi untuk anak jalanan yang berasal dari luar kota Jombang akan kami serahkan kepada Pemkab masing-masing, Dinsos yang bersangkutan kami hubungi. Makanya kita terus berupaya, Satpol PP pun gencar melakukan razia,” pungkas orang nomor satu di Jombang ini. [rif]

Tags: