Pemkab Malang Bedah Rumah Warga Disapu Angin Puting Beliung

Plt Bupati Malang HM Sanusi (kiri) saat memberikan bantuan kepada Ibu Ngatemi warga Desa Sekarpuro, Kec Pakis, Kab Malang, yang rumahnya mengalami rusak berat akibat disapu angin puting beliung

Kab Malang, Bhirawa
Hujan deras yang disertai angin puting beliung yang menerjang di wilayah Malang Timur, pada Selasa (23/10) petang kemarin, hal ini telah merusakkan puluhan rumah warga dan sekolah TK Muslimat NU 28 Hasyim Asy’ari, di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.
Sehingga dengan adanya kerusakkan rumah warga dan sekolah akibat angin puting beliung tersebut, maka tim gabungan terdiri dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Kodim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu dan Polres Malang, bersama masyarakat setempat melakukan perbaikan rumah warga akibat disapu angin putinmg beliung. Sedangkan rumah warga yang rusak jumlahnya mencapai 94 rumah, baik itu ringan, sedang, maupun berat.
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang HM Sanusi, Rabu (24/10), disela-sela meninjau lokasi bencana angin puting beliung bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) kabupaten setempat, di Desa Sekarpuro. Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang telah menyampaikan, jika kedatangan dirinya bersama Forkompinda ini, tidak hanya meninjau lokasi bencana, tapi juga memeberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat tersapu angin puting beliung. “Selain itu juga sebagai bentuk support psikologi kepada warga Desa Sukopuro,” tegasnya.
Dia juga menegaskan, jika pihaknya juga meminta Camat Pakis, agar mengajukan bedah rumah khusus pada warga yang rumahnya mengalami rusat berat, yakni Ibu Ngatemi. Karena rumah dia kondisinya rusak berat, dan hampir seluruh bangunan rumah roboh akibat disapu angin puting beliung. Sedangkan program bedah rumah itu berada di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK).
“Untuk program bedah rumah itu, anggaran perbaikan bersumber dari APBD yakni sebesar Rp 10 juta-Rp 15 juta. Sedangkan kondisi rumah yang kerusakkannya ringan dan sedang, Pemkab Malang juga akan memberikan bantuan perbaikan,” papar Sanusi.
Ditempat yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu Letkol (Inf) Ferry Muzawwad mengatakan, tim gabungan dari Pemkab Malang, Kodim 0818, Polres Malang, dan Tagana, serta dibantu masyarakat, kini telah bergotong royong untuk melakukan perbaikan rumah warga yang mengalami rusak akibat angin puting beliung yang terjadi di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis tersebut.
“Tim gabungan masih sebatas membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing bangunan, serta melakukan perbaikan pada rumah warga yang rumahnya rusak ringan dan sedang. Dan untuk rumah warga yang rumahnya rusak berat, tentunya aka dilakukan bedah rumah, mengingat Ibu Ngatemi merupakan warga miskin,” terangnya.
Menurut Dandim, pihaknya dalam bencana di Desa Sekarpuro tersebut, hanya menyiapkan personil dalam melakukan perbaikan rumah warga yang rusak. Seperti melakukan perbaikan atap rumah, lantai dan dinding atau aladin. Dan untuk melakukan perbaikan, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta bersinergi dengan Pemkab Malang. [cyn]

Tags: