Pemkab Bondowoso Launching Perpustakaan Digital E-BECA

Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat SE MSi saat menabuh gong tanda dimulainya perpustakaan digital didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Drs H Karna Suswandi MM. [Samsul Tahar]

Dukung Pendidikan Gratis
Bondowoso, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaunching website dan aplikasi Elektronik Bendebesah Catalog (E-BECA), di halaman kantor dinas tersebut, Kamis (16/5) kemarin.
Launching yang diawali dengan pemukulan gong itu, dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat SE MSi didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs H Karna Suswandi MM.
Diterangkan bahwa website dan aplikasi E-BECA yang disebut merupakan perpustakaan digital ini, bisa diakses secara gratis melalui laman website perpustakaan. Adapun buku-buku yang disajikan menggunakan tiga bahasa yakni, Bahasa Indonesia, Madura, dan Inggris. Pada tahap awal sedikitnya telah ada 266 judul buku yang telah bisa diakses. Di dalam aplikasi itu, juga terdapat fitur-fitur yang memungkinkan setiap pengunjung E-BECA untuk saling berinteraksi, utama berdiskusi terkait dengan buku yag sedang dibaca.
Karna Suswandi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso, mengatakan, inovasi ini untuk mempermudah pelajar dari berbagai tingkatan dan masyarakat untuk mengakses literasi yang dibutuhkan. Sekaligus mendukung pendidikan gratis yang ada di Bondowoso, dan peningkatan sumber daya manusia.
“Karena bagaimanapun kalau masih siswa, siswi dari SD hingga mahasiswa masih dibebabni oleh literature yang ada. Tentu saja ini masih belum menjadi pendidikan gratis, dan ini masih akan memebnani para wali murid,” ujarnya. Dilanjutkan oleh Karna Suswandi, bahwa ke depan pihaknya meminta para Kepala Sekolah berkirim surat untuk pemberitahuan buku yang dibutuhkan. Sehingga dalam pengadaan tahun 2020, semuanya sudah sesuai dengan permintaan masing-masing sekolah.
Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat, mengaku sangat apresiatif atas inovasi tersebut. Dengan melaunching website dan aplikasi E-Beca ini, merupakan terobosan di era digitalisasi ini.
“Ini memudahkan layanan kepada masyarakat,” kata politisi PDIP itu.
Menurutnya, ke depan perlunya untuk ditindaklanjuti supaya fitur-fitur atau aplikasi dimasukkan di playsotre atau pun appstore.
Di samping itu, pentingnya ke depan dilakukan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar nantinya sekolah maupun para pelajar di Bondowoso bisa langsung ngelink ke E-BECA. Untuk mendukung ini, ke depan Pemkab akan mensupporrt anggaran lebih ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
“Ini kan untuk mendukung aplikasi gratis. Karena selama ini yang menjadi kendala pembelian buku-buku siswa yang masih beli semua. Dan ini memberatkan orang tua siswa. Tapi dengan adanya E-Beca, semua literasi semua pelajaran akan dimasukkan. Sehingga semua sekolah biasa diintegrasikan dengan Dinas Perpustakaan,” pungkasnya. [har]

Tags: