Pemkab Bojonegoro Anggarkan Rp7.8 M untuk Pilkades Serentak

Foto Ilustrasi

Bojonegoro,Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menganggarkan dana Rp 7,8 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 156 Desa yang akan diselenggarakan pada 26 Juni 2019..
Kepala Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Ira Madda Zulaikha menjelaskan, masing-masing desa peserta Pilkades serentak mendapatkan besaran pendanaan bervariasi.
“Besarannya memang berbeda, tidak ditentukan dari jumlah calon kadesnya, tapi jumlah pemilih. Jadi ada jenjang sesuai jumlah pemilih yang ada di desa tersebut. Lebih kepada menyesuaikan kebutuhan masing-masing,” jelasnya, kemarin (16/5)
Ada beberapa desa yang mendapatkan porsi maksimal senilai Rp 50 juta. Sedangkan untuk desa yang mendapatkan bantuan penyelenggaraan paling sedikit, nilainya Rp 45 juta. Dana itu murni berasal dari APBD Kabupaten Bojonegoro tahun 2019.
“Untuk desa pemilihnya dibawah 1000 orang akan mendapatkan Rp 45 juta, untuk DPT diatas 1000 sampai 2000 akan mendapatkan Rp 46 juta, sedangkan untuk DPT 2000 sampai 3000 mendapatkan Rp 47 juta,” terangnya..
Kemudian DPT 3000 sampai 4000 akan mendapatkan Rp 48 juta, dilanjut DPT 4000 sampai 5000 akan memperoleh Rp 49 juta dan bagi DPT diatas 5000 orang akan mendapatkan Rp 50 juta.
Dana itu, lanjutnya, digunakan untuk honor panitia, biaya pengaman, biaya foto copy, surat suara, serta kebutuhan yang lainya.
Menurutnya, besaran bantuan dari Pemkab memang telah ditentukan namun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan kebutuhan. Dan kekurangan ini akan dipenuhi desa sesuai alokasi yang telah ditentukan.
“Kebutuhan dari setiap desa berbeda beda, jadi kekurangan dari bantuan Pemkab akan ditutup pihak desa. Disini tidak ada pungutan bagi bakal calon kades. Harapanya, masyarakat yang akan mendaftar sebagai calon tidak ditakutkan oleh biaya,” pungkasnya. [bas]

Tags: