Pemerintah Kabupaten Trenggalek Lanjukan Prosesi Hari Jadi Ke-825

Trenggalek, Bhirawa
Dalam rangka memeriahkan puncak hari jadi ke- 825 Trenggalek ,yang jatuh pada 31 Agustus 2019, akan ada beragam kegiatan yang meriah. Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam memeriahkan ulang tahun Trenggalek ini. Berbagai kegiatan akan digelar untuk memeriahkan acara tersebut, sedangkan di akhir kegiatan ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.
Hari ini Jum’at (30/8), diadakan gladi upacara peringatan hari jadi ke-825 Trenggalek, sekaligus upacara pelepasan pusaka beserta prasasti ke Desa Kamulan. Kegiatan bertempat di halaman pendopo manggala Praja Nugraha Trenggalek.
Sebelum prosesi mengantar pusaka ke Desa Kamulan dimulai, Bupati Trenggalek Muh.Nur Arifin menyerahkan satu persatu pusaka kepada juru pengantar pusaka dan disaksikan oleh Forkopimda serta Unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) serta para staf di lingkungan Pemerintah Trenggalek.
Dijelaskan Bupati Trenggalek Muh.Nur Arifin. Tradisi tersebut dilakukan karena prasasti pertamakali yang menandai Trenggalek berusia 825 tahun itu dikarnakan pada saat itu ditemukan di Desa kamulan, atau sendang kamulyan .
“Sebelum nanti dibawa ke pendopo kita semayamkan semalam di Desa Kamulan” ungkapnya.
Prosesi peringatan Hari Jadi Trenggalek ini akan dilanjutkan dengan kirab pusaka. Melalui prosesi, ia berharap masyarakat bisa mengenal sejarah dan melestarikan tradisi yang sudah turun temurun.
“Karena penemuannya di Desa Kamulan maka seyodyanya disemayamkan di desa tersebut , jadi sejarah lahirnya Trenggalek itu dibuktikan dengan ditemukannya sebuah prasasti di Desa Kamulan.” pungkasnya.(wek)

Tags: