Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Gelar Gerak Jalan 17 Kilometer

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah ketika memberangkatkan peserta gerak jalan santri 17 KM di lapangan Desa Sumberarum, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Kamis (24/10).

Bojonegoro, Bhirawa
Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) dan juga Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke 342, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dinpora) menggelar Gerak Jalan Santri 17 KM di lapangan Desa Sumberarum, Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Kamis (24/10).
Ratusan peserta mengenakan atribut peci, sarung maupun jilbab, berparas layaknya santri. Gerak jalan diikuti kalangan pelajar mulai dari SMP, MTs, SMA, SMK, MA dan Pondok Pesatren Se-Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 94 regu.
Kegiatan gerak jalan ini mengambil tema “Semangat dan Jiwa Patriotisme Kemerdekaan Negara Republik Indonesa ke- 74”. Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengatakan, ini kali pertama gerak jalan 17 Km beratribut layaknya santri, sekaligus memperingati hari santri tahun 2019.
Diharapkan santriwati dan santriwan siap berolahraga dimana saja dan kapan saja. “Oleh sebab itu dilaksanakan ihtiar bersama dengan menggelar gerak jalan santri, sehingga menjadi olahraga keagamaan dan olahrga fisik. Ini bisa menyatukan kita menjadi kader-kader bangsa SDM unggul,” kata Bupati.
Lanjut Bua Anna sapaan akrab Bupati Bojonegoro, gerak jalan juga merupakan olahraga yang bisa menyehatkan badan, oleh karenanya Bupati ini mengimbau agar selalu berolahraga supaya badan sehat.
“Kegiatan ini juga masih dalam rangkaian Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-342,” tambahnya. Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan, total ada 94 regu gerak jalan 17 KM yang semuanya memakai atribut layaknya santri.
Lanjut Dandi, gerak jalan ini untuk membangkitkan kembali jiwa dan semangat kepahlawanan, sehingga para generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan rasa nasionalisme yang tinggi, hal itu sesuai dengan tema yang diusung tahun 2019 ini yakni Dengan Semangat dan Jiwa Patriotisme Kemerdekaan RI ke-74, Santri siap Berolahraga dimana saja dan Kapan Saja.
Gerak jalan 17 KM tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, hanya saja rute yang dilewati lebih pendek, pasalnya finish hanya di GOR Dabonsia Bojonegoro dan tidak sampai masuk ke Jalan Kota Bojonegoro.
Adapun rute gerak jalan start mulai dari lapangan Sumberarum menuju jalan raya Dander-Temayang ke utara, melewati Pasar Dander ke utara lurus melewati Desa Mojoranu hingga perempatan pasar Desa Ngumpakdalem, belok ke kiri arah Desa Sumodikaran dan finish di GOR Dabonsia Bojonegoro di Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander.
Hadir Bupati Bojonegoro, Pj. Sekda, seluruh jajaran Forpimda, Perwakilan Kemenag, dan Muspika Kecamatan Dander. Usai sambutan-sambutan, Bupati didampingi Kapolres Bojonegoro dan Pj Sekda Bojonegoro serta Kepala Dinpora Bojonegoro, memberangkatkan peserta gerak jalan. [bas]

Tags: