Pelatihan Vokasi Ketenagakerjaan Beri Peluang Peserta BPJS

Foto Ilustrasi

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menilai Program Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja BP JAMSOSTEK yang diselenggarakan di UPT BLK Surabaya dapat memberikan peluang baru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Utamanya bagi peserta yang mengalami PHK serta membantu perusahaan dalam memperoleh karyawan dengan keahlian yang siap pakai dan sesuai kebutuhan dunia kerja. Pelatihan ini sangat bagus menjawab tantangan ekonomi saat ini. “Harapan saya, bagi yang telah usia di atas 40 tahun juga ada pelatihan vokasi. Tentu dengan seleksi yang lebih ketat,” kata Himawan didampingi Plt. Kepala UPT BLK Surabaya Dra. Yuntarti Panca Puspita, MM, kemarin.
Sebelumnya, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Dodo Suharto, menjelaskan ada empat program yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).
BPJAMSOSTEK memberikan solusi mengatasi unemployment rate khususnya bagi peserta yang mengalami PHK dan sudah Non Aktif dan atau sudah mengambil JHTnya dengan mengadakan Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja. Vokasi ini diharapkan memenuhi Supply and Demand di Pasar Tenaga Kerja. Di Jawa Timur piloting Pelatihan Vokasi dilaksanakan oleh 4 cabang yaitu: Surabaya Darmo, Gresik, Malang dan Pasuruan.[rac.geh]

Tags: