Pelantikan Pimpinan DPRD Situbondo Definitif Diperkirakan Akhir September

Anggota DPRD Kabupaten Situbondo masa bakti 2019-2024 saat mengikuti pelantikan oleh Ketua PN belum lama ini. [sawawi/bhirawa]

DPRD Situbondo, Bhirawa
Ada kabar menggembirakan dari Kantor Kenanga 1 (sebutan akrab lembaga DPRD Kabupaten Situbondo) Senin (9/9). Satu diantaranya adalah soal kabar pelantikan unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo, yang akan dilakukan paling lambat akhir bulan September 2019 ini. Kepastian tersebut disampaikan Ketua DPRD Situbondo sementara, Edy Wahyudi kemarin.
Menurut Edy Wahyudi, saat ini DPRD Situbondo baru menerima dua partai yang sudah memasukan nama unsur pimpinan ke Sekretariat DPRD. Kedua partai tersebut, aku mantan Ketua Fraksi PKB Situbondo itu, PKB dan Partai Gerindra. Sedangkan dua partai sisanya yaitu PPP dan Golkar masih menunggu SK DPP partai masing-masing.
“Berdasarkan informasi terakhir baik PPP maupun Golkar hanya tinggal mengambil SK. Kemungkinan pekan ini semuanya sudah masuk ke Sekretariat DPRD Kabupaten Situbondo,” ucap mantan wartawan itu.
Politisi asal Kecamatan Asembagus itu menambahkan, jika semua nama unsur pimpinan sudah masuk, akan segera diumumkan melalui rapat paripurna sebagai syarat pengusulan SK ke Gubernur Jatim.
Diperkirakan, urai Edy Wahyudi, pada akhir bulan September 2019 ini pimpinan DPRD definitif sudah mulai terbentuk. Masih kata Edy Wahyudi, meski saat ini belum ada pimpinan definitif, kegiatan anggota dewan tetap berjalan seperti biasa.
“Kami sudah melakukan rapat dengan Fraksi-Fraksi agar dapat mengoptimalkan kinerja anggota dewan melalui Fraksi. Itu dilakukan karena hingga saat ini Komisi-Komisi masih belum bisa dibentuk,’ ungkap Edy.
Anggota dewan dua periode itu menambahkan, sejauh ini belum ada pembentukan pimpinan definitif , maka dirinya sebagai Ketua DPRD sementara belum bisa membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Edy kembali menegaskan, pembentukan AKD akan tepat waktu, karena sudah banyak tugas anggota dewan yang menunggu, satu diantaranya seperti pembahasan RAPBD 2020. “Tetapi saya optimis akan berjalan dengan tepat sesuai jadwal yang ada,” ujar Edy.
Saat ini, sambung Edy, keberadaan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Situbondo terdiri dari empat orang yang notabene merupakan perwakilan empat besar partai pemenang pemilu 2019 di Situbondo.
“Pemenang pertaa adalah PKB yang mendapatkan jatah Ketua DPRD. Lalau kedua adalah PPP dan ketiga dan keempat diduduki Partai Gerindra dan Golkar. Tiga partai ini akan mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD,” pungkas Edy. [awi]

Tags: