Pelajar Kabupaten Sidoarjo Antusias Ikuti Bengkel Jurnalistik PWI

Pelajar SMAN 1 Porong menanyakan kepada narasumber apa itu berita, dan pengelolaan majalah sekolah.

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 54 pelajar perwakilan SMA/SMK/MA yang ada di Sidoarjo mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik yang bertajuk ‘Bengkel Jurnalistik’.
Kegiatan yangi digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo, di Edotel SMKN 1 Buduran, Sidoarjo Selasa (27/11) merupakan program kerja PWI Sidoarjo. Dalam pelatihan bertajuk Bengkel Jurnalistik Pelajar SMA 2018 tersebut, peserta diberikan berbagai macam materi dasar tentang Jurnalistik, baik dari media cetak, televisi, online, maupun teknik fotografi.
Ketua PWI Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, kegiatan Bengkel Jurnalistik merupakan salah satu program kerja PWI Sidoarjo di tahun 2018, yang sengaja menyasar para pelajar. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang dunia kewartawanan, serta pengetahuan terkait pencarian berita hingga penulisannya. “Harapannya, para siswa ini bisa tahu tentang dasar-dasar ilmu kejurnalistikan, sehingga nanti mampu diaplikasikan, minimal di tingkat sekolah masing-masing, ” jelas Abdul Rouf.
Menurutnya, para pelajar perlu mendapat pengetahuan tentang pemberitaan. Salah satu tujuannya adalah agar mereka bisa ikut serta memberikan informasi-informasi yang mendidik, serta memerangi berita hoax.
“Dari sini, mereka bisa tahu mana berita yang benar, dan mana berita yang mengandung hoax,” katanya.
Hikmaya Auliya, salah satu peserta dari SMAN 1 Porong Sidoarjo mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini, Ia mengaku juga mendapatkan banyak ilmu tentang kejurnalistikan. “Jadi tahu bagaimana cara menjadi seorang jurnalistik yang baik, tahu dasar-dasar jurnalistik, dan bisa mengolah informasi yang saat ini beredar di sekitar kita,” ujarnya.
Siswi kelas XI yang juga aktif di kegiatan jurnalistik sekolah itu mengatakan, setelah mendapatkan berbagai materi dari para narasumber, Ia pun berjanji akan segera mengaplikasikannya di sekolah. Perlu diketahui, dalam kegiatan Bengkel Jurnalistik Pelajar Tingkat SMA tahun 2018 kali ini PWI Sidoarjo menghadirkan beberapa narasumber dari kalangan internal. Yakni Achmad Suprayogi dari Harian Bhirawa, Mustain dari Harian Bangsa, Heri Susetyo dari Metro TV, Boy Slamet dari Jawa Pos, dan M Ismail dari Beritajatim.com. [ach]

Tags: