Pedagang Area Jalan Pasar Tolak Dipindah Pemkab Bojonegoro

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Dinas Perdagangan memberikan sosialisasi kepada pedagang pasar yang berjualan di ruas jalan lingkungan pasar Kota Bojonegoro, yang berlangsung di pendopo Malowopati.

Bojonegoro,Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro,Dinas Perdagangan memberikan sosialisasi kepada pedagang pasar yang berjualan di ruas jalan lingkungan pasar Kota Bojonegoro, yang berlangsung di pendopo Malowopati, Kemarin (25/10).
Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ),Kadin Perdagangan,dan kepala pasar Bojonegoro dan ratusan pedagang pasar Bojonegoro.
Dalam pertemuan ini Yanto salah satu pedagang pasar kota Bojonegoro menyampaikan, Bahwa semua pedagang yang berjualan disepanjang jalan pasar yang akan digeser ke didalam dalam tidak setuju dan menolak .
“ Mengapa baru sekarang pemerintah mau menggeser pedagang ,ada apa ini kok tidak tahun – tahun sebelumnya ” ucap Yanto .
Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro, Agus Hariana menyampaikan tujuan digesrnya lokasi pedagang, yaitu untuk memberi kenyamanan kepada para pedagang dan pembeli, selain itu juga agar tidak terjadi permasalahan terkait pelanggaran aturan.
“Disdag hanya membina, bukan memberikan sanksi,” ungkapnya.
Tujuan lain, untuk menjadikan Bojonegoro lebih tertata dan tertib. Seperti fungsi dari jalan, trotoar dan fasilitas umum bisa dimanfaatkan masyarakat sebagaimana mestinya.
“Kami juga ingin memberikan kenyamanan dan mengangkat martabat pedagang. Ketika ditanya bisa menjawab, bukan berjualan di jalan,” imbuhnya.
Sementara itu, Kasatpol PP Bojonegoro, Gunawan, menjelaskan Satpol PP hanya ingin melaksanakan tugasnya dengan sebaik baiknya.Para pedagang diminta untuk masuk kedalam pasar dan sudah disiapkan fasilitasnya. sedangkan jalan wilayah pasar digunakan sebagaimana fungsinya.
Ia berharap pedagang mematatuhi peraturan pemerintah yang akan diarahkan bergeser untuk berjualan menempati halaman parkir pasar solusinya, dan sudah disiapkan 600 kapling dengan fasilitasnya.
“Mari kembalikan jalan di lingkungan pasar sesuai peruntukannya ” tegasnya .
Masih menurut Gunawan Satpol PP tugasnya yakni menegakkan Perda penyelenggaraan Trantibkum dan perlindungan masyarakat.
Penertiban PKL depan Pasar Kota direncanakan tanggal 6 Nopember 2018. Dan pada saat itu diharapkan pedagang yang sekarang ini masih berdagang di depan pasar dan menempati bahu jalan sudah bergeser kedalam pasar Bojonegoro. [bas]

Tags: