PDIP Sidoarjo Dimungkinkan Buka Tahap II Penjaringan Cabup

Sumi Harsono

Sidoarjo, Bhirawa
Meskipun 7 nama yang masuk proses penjaringan Cabup dan Cawabup sudah diserahkan ke DPP PDIP, namun tidak tertutup kemungkinan pendaftaran akan dibuka lagi bila ada instruksi pusat.
Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Sumi Harsono, Kamis (26/9) sore membenarkan tahapan penjaringan sudah selesai dan nama-nama tersebut diserahkan ke DPP pertanggal 23 September. Ada satu Bacabup dan enam Bacawabup. “Nama mereka sudah kami serahkan ke DPP, ” tandasnya.
Selanjutnya menunggu instruksi pusat apakah akan dibuka penjaringan gelombang kedua, atau sudah cukup dengan penjaringan pertama saja. Tahapan sekarang adalah menunggu, tetapi selama tidak ada instruksi maka nama yang sudah masuk itu yang digodok.
Sejak resmi menutup masa pendaftaran Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo (Cawabup), pada 14 September 2019 lalu, DPC PDI Perjuangan Sidoarjo telah mengirim tujuh nama ke DPP. Mereka adalah Ambudi Putra Laksana, yang mendaftar sebagai Bacabup, dan enam orang yang mendaftar sebagai Bacawabup. Yaitu, Senadi Harjo, Hadrean Renanda, HM Supriyadi, Kuswari, Drs H Sumi Harsono, dan Ronny.
Meski demikian, bukan berarti nama-nama yang tidak mendaftar peluangnya untuk tampil sebagai Wabup dan Cawabup Sidoarjo dari partai berlambang Banteng Moncong Purih. Namun harus atas perintah DPP.
DPC PDI Perjuangan akan membuka lebar-lebar pintu pendaftaran. “Karena yang sudah tertutup itu masa pendaftarannya. Jadi secara teknis administratif, namanya tidak masuk dalam bursa. Tapi nama itu tetap berpeluang sama jika itu sudah menjadi keputusan DPP. Siapa sih yang tidak ingin memiliki Bupati Sidoarjo?” tandas Sumi.
PAN, PKS, PPP juga akan membuka pendaftaran dalam waktu dekat. Tiga partai sudah cukup mengusung satu pasangan karena menempati kursi atau 20 %. (hds)

Tags: