Pasca Banjir, Ramai-ramai Bersihkan Pos PAUD

Orang tua murid dan guru PAUD saat gotong royong membersihkan sekolah.

Bojonegoro, Bhirawa
Pasca terendam banjir, orang tua murid, guru Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mawar di Desa Dander, Kecamatan Dander Bojonegoro, gotong royong membersihkan sekolah, Selasa (5/3) kemarin. Untuk sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut diliburkan.
Lilik salah satu guru Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mawar mengatakan, siswa sementara terpaksa diliburkan lantaran tempat untuk pembelajaranya harus dibersihkan dari material lumpur akibat banjir bandang yang terjadi semalam.
“Terpaksa diliburkan karena tempat belajar siswa PAUD tekena dampak banjir bandang, bahkan ketinggian airnya setinggi paha orang dewasa,” kata Lilik.
Ia menuturkan, memang tadi pagi para siswa Paud sempat datang bersama orang tuanya, dan kembali pulang. Namun setelah mengantarkan anaknya pulang para orangtua siswa Paud tersebut kembali ke sekolah untuk melaksnakan kerja bakti bersama membersihkan ruang kelas.
“Jadi tadi semua orang tua siswa Paud ikut bersihkan ruang kelas serta bangku maupun kursi dari lumpur akibat banjir semalam,” jelasnya.
Pos PAUD Mawar Dander ini ada 45 siswa yang terdiri dari siswa Pos PAUD kelas A maupun B. Atas kejadian ini siswa pos paud diliburkan seraya diimbau untuk belajar dirumah bersama orang tuanya.
Terpisah, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiaggaan, BPBD Bojonegoro, Eko Susanto mengatakan banjir bandang semalam membuat sekolah, rumah dan jalan di beberapa desa yang ada di Kecamatan Dander terkena dampaknya seperti di desa Dander yang terkena dampak yakni RT 16,17, 19,22, dan 28.
“Tidak hanya itu, banjir semalam juga menggenangi desa Growok, Sumberarum dan Kunci,” kata Eko panggilan akrabnya. Selain itu juga mengakibatkan sejumlah area persawahan juga tergenang bahkan sejumlah tanggul sawah diarea tersebut sempat rusak dan harus diperbaiki oleh pemilik sawah. Walaupun begitu, para petani disekitar tersebut sudah memanen padinya.
Seperti diketahui, Wilayah Kecamatan Dander Selasa (5/3) dini hari dilanda banjir bandang yang diakibatkan curah hujan cukup lebat di daerah hutan sehinggga menyebabkan banjir dan menggenangi rumah, jalan hingga area persawahan, bahkan air banjir tersebut juga menggenangi lembaga pendidikan PAUD. [bas]

Tags: