Partisipasi Masyarakat pada Pemilu di Jombang Capai 83 Persen


Rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di tingkat kecamatan di Pendopo Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Sabtu siang (20-04)

Jombang, Bhirawa
Tingkat partisipasi masyarakat dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mencapai angka 83 persen. Angka ini di atas target yang dicanangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang sebesar 77,5 persen.
Komisioner KPU Kabupaten Jombang, M Fatoni mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu di Jombang ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Pilpres maupun Pileg sebelumnya.
“Pileg yang dulu itu 76 persen, kalau Pilpres 70 persen,” ujar M Fatoni saat diwawancarai sejumlah wartawan di Pendopo Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Sabtu siang (20/04).
Meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi kali ini, diperkirakan Fatoni tidak hanya terjadi di Kabupaten Jombang namun terjadi merata di seluruh daerah di Indonesia.
“Tidak hanya di Jombang. Ini merata, Insya Alloh hampir di seluruh tanah air,” tambahnya.
Tingginya partisipasi masyarakat tersebut dikatakan Fatoni juga dilatarbelakangi oleh tahapan Pilpres dan Pileg yang diselenggarakan secara bersamaan.
“Pileg dan Pilpres kan berbarengan, ini yang menjadi animo masyarakat tinggi. Ini yang membuat masyarakat antusias untuk memberikan suaranya,” beber Fatoni.
Ditanya lebih lanjut tentang hasil pemungutan suara di Kabupaten Jombang, Fatoni belum bisa menyampaikan. Hal tersebut karena pada Sabtu (20/04), tahap rekapitulasi hasil pemungutan suara baru dilakukan di tingkat kecamatan.
“Belum bisa kita sampaikan. Hasil Pemilu tetap masih menunggu real count yang dilakukan oleh KPU. Tahap sekarang masih di tingkat kecamatan, hasilnya berapa, kami belum tahu,” pungkasnya.(rif)

Tags: