Parpol Kabupaten Tulungagung Mulai Bentuk Fraksi Keanggotaan DPRD Baru

Sofyan Heryanto

Tulungagung, Bhirawa
Sejumlah partai politik (parpol) parlemen di DPRD Tulungagung yang tidak bisa membuat fraksi sendiri mulai melakukan lobi-lobi politik untuk membentuk fraksi gabungan.
Seperti diketahui, PKS di DPRD Tulungagung periode 2019 -2024 tidak bisa membuat fraksi sendiri karena jumlah anggotanya hanya tiga orang. Selain PKS, lima parpol lainnya juga tidak bisa membuat fraksi sendiri, yakni Partai Demokrat (tiga anggota), Partai Nasdem (tiga anggota), Partai Hanura (tiga anggota), PPP ( satu anggota) dan PBB (satu anggota).
Sedang parpol yang bisa membuat fraksi sendiri masing-masing adalah PDI Perjuangan ( 13 anggota), PKB (tujuh anggota), Partai Golkar (enam anggota), Partai Gerindra (lima anggota) dan PAN (lima anggota). Syarat untuk membentuk fraksi sendiri minimal berjumlah empat anggota dewan.
Saat ini yang pasti membentuk fraksi gabungan itu adalah Partai Nasdem, Partai Demokrat, PBB, Partai Hanura dan PPP.
Ketua DPC Partai Demokrat Tulungagung, Sofyan Heryanto SE, pada Bhirawa, Senin (19/8), mengungkapkan sudah ada kepastian jika Partai Demokrat bersama Partai Nasdem dan PBB bergabung dalam satu fraksi di DPRD Tulungagung periode 2019 -2024.
“Kami sudah sepakat untuk membentuk fraksi gabungan dengan nama Fraksi Bintang Nasional Demokrat,” ujarnya.
Menurut Sofyan, pembentukan fraksi gabungan tersebut setelah pengurus DPC Partai Demokrat Tulungagung bertemu dengan Ketua DPD Partai Nasdem Tulungagung, Ahmad Djadi SSos MSi belum lama ini.
“Dengan PBB kami bertemu kemarin dan langsung disepakati untuk membentuk fraksi gabungan dengan anggota Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PBB. Jadi nanti kami di DPRD Tulungagung total punya tujuh suara ,” paparnya.
Sofyan tidak memungkiri jika pembentukan fraksi itu juga guna kepentingan pemilihan Wakil Bupati Tulungagung yang saat ini berproses di Panlih Wabup DPRD Tulungagung.
“Untuk waktu dekat bisa juga dibilang begitu,” tuturnya lantas tersenyum.
Sebelumnya, hal yang sama dikatakan Ahmad Djadi. Ia menyebut sudah terjadi kesepakatan di antara tiga partai itu untuk membentuk fraksi gabungan di DPRD Tulungagung.”Sudah sepakat menjadi satu fraksi gabungan,” tandasnya.
Fraksi gabungan juga dibentuk oleh Partai Hanura dan PPP. Anggota DPRD Tulungagung asal Fraksi Hanura, Drs Subani Sirab, Senin (19/8), membeberkan sudah terjadi kesepakatan antara DPC Partai Hanura dan DPC PPP untuk bergabung dalam satu fraksi di DPRD Tuluungagung.
“Hanura dengan jumlah anggota sebanyak tiga orang sudah dapat membentuk fraksi sendiri ketika bergabung dengan PPP yang mempunyai satu anggota,” ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Gerindra Tulungagung, Ahmad Baharudin, ketika dikonfirmasi Bhirawa kemarin belum bisa memastikan kabar terkait PKS yang akan bergabung dengan Partai Gerindra di fraksi DPRD Tulungagung.
Ia menyebut kabar PKS yang akan merapat ke Partai Gerindra masih belum final.
“Belum ada kesepakatan. Bisa saja bergabung, meski Partai Gerindra sudah bisa membuat fraksi sendiri karena sudah beranggotakan lima orang anggota,” tuturnya.(wed)

Tags: