Parade Merah Putih Wujudkan Indonesia Damai

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho (kanan) bersama Danrem 084 BJ, Kolonel Inf Sudaryanto (kiri) dan seluruh elemen masyarakat turut dalam Parade Merah Putih Indonesia Damai, Minggu (20/10).

Polrestabes Ciptakan Kamtibmas di Surabaya
Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Polrestabes Surabaya menggelar Parade Merah Putih Indonesia Damai di Surabaya, Minggu (20/10). Pelaksanaan parade ini sekaligus mewarnai suasana pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo – Ma’ruf Amin.
Kegiatan yang digelar Polrestabes Surabaya ini guna menciptakan kondisi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di Kota Surabaya. Dan juga melibatkan berbagai elemen. Diantaranya dari unsur pemerintah daerah setempat, TNI, hingga berbagai komunitas, seperti suporter Persebaya (Bonek), perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), pelajar, mahasiswa, serta lainnya.
Parade Merah Putih ini juga menghadirkan pembentangan bendera merah putih sepanjang 210 meter. Dengan start mulai Jl Bengawan hingga garis finish di Jl Raya Darmo Surabaya, atau tepatnya di depan Monumen Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
“Parade Merah Putih Indonesia Damai kami gelar sebagai wujud rasa terima kasih kepada para pendahulu yang telah membangkitkan nasionalisme dan menyatukan kebhinekaan. Sehingga kita bisa menjadi bangsa besar seperti sekarang ini,” kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho.
Masih kata Sandi, kebetulan hari ini (kemarin) juga merupakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Sehingga dengan adanya parade ini, Sandi berharap dapat membuat suasana Indonesia, khususnya Jawa Timur maupun Surabaya bisa aman dan kondusif.
“Kami berdoa dari Surabaya mudah-mudahan pelantikan berjalan lancar dan Indonesia menjadi lebih maju. Selain itu kami juga berdoa agar masyarakat Surabaya, Jawa Timur, dan Indonesia semakin lebih aman dan kondusif,” ungkapnya.
Meski pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung di Jakarta, Sandi mengaku, Polrestabes Surabaya sejak dua hari yang lalu sudah meningkatkan kewaspadaan siaga pengamanan di sejumlah objek vital. Dengan masksud dan tujuan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat Kota Surabaya.
Sasaran pengamannya, sambung Sandi, yakni personel disiagakan di kantor-kantor Pemerintah, tempat-tempat ibadah dan lainnya yang menjadi pusat keramaian masyarakat. Terutama pada objek vital di Kota Surabaya.
“Sampai hari ini (kemarin) kami masih siaga. Mudah-mudahan tetap aman dan kondusig sehingga pengamanan siaga bisa segera dikendorkan untuk selanjutnya dilakukan pengamanan seperti biasa,” pungkasnya. [bed]

Tags: