Pangkoarmada Yakin Peserta Lemhanas RI Mampu Jaga NKRI

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto berfoto bersama siswa SSDN PPRA LIX Lemhannas RI, Kamis (4,7) di Mako Koarmada II. [Abednego/bhirawa]

(Kunjungan Peserta PPRA LIX Lemhanas RI ke Mako Koarmada II)
Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 25 siswa SSDN PPRA LIX tahun 2019 Lemhannas RI mengunjungi Mako Koarmada II, Kamis (4/7). Kedatangan siswa yang berasal dari instansi TNI, Polri, ASN, dan juga peserta dari luar negeri yakni Malaysia dan Timor Leste ini disambut hangat oleh Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto.
“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami. Terlebih Koarmada II menjadi salah satu obyek kunjungan bagi para peserta PPRA LIX Lemhannas RI. Saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kunjungan ini dan selamat datang di Mako Koarmada II,” kata Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto.
Mintoro menjelaskan, Koarmada II merupakan salah satu kotama TNI AL yang memiliki dua fungsi. Kedua fungsi itu, yakni sebagai Kotama Operasi yang bertanggungjawab kepada Panglima TNI , dan sebagai kotama pembinaan yang bertanggungjawab kepada Kasal.
Sebagai kotama operasi, sambung Mintoro, Koarmada II memiliki tugas melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
Serta melaksanakan operasi laut sehari-hari dan operasi tempur laut dalam rangka pengendalian laut, proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut sesuai kebijakan Panglima TNI.
Masih kata Mintoro, Koarmada II juga sebagai komponen utama penyelenggara pertahanan dan keamanan di laut. Dan juga bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah laut melalui pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut.
“Dengan kunjungan di Mako Koarmada II ini, para peserta PPRA LIX Lemhannas RI mendapatkan manfaat yang besar dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar. Dan yang utama dalah berguna dalam pengembangan manajemen pertahanan negara Indonesia yang kita cintai,” harapnya.
Pihaknya berpesan, para siswa Lemhannas ini nantinya akan dihadapkan pada mempertahankan kedaulatan NKRI. Hal itu sama seperti Koarmada II yang senantiasa berupaya meningkatkan sistem pengawasan dan pengamanan di laut. Terutama menjaga kedaulatan NKRI, baik melalui pengoptimalan personel dan alutsista yang ada.
“Melalui pelaksanaan operasi tempur laut oleh Guspurla Koarmada II maupun operasi keamanan laut oleh Guskamla Koarmada II yang di dukung oleh 5 Pangkalan Utama, Koarmada II tetap teguh menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI,” pungkasnya.
Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Danguspurlakoarmada II, Patersahli Pangkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, Kadispotmarkoarmada II, Kadiskumkoarmada II, Kakuwilkoarmada II, Dankolatkoarmada II, Dansatkoarmada II. [bed]

Tags: