Pangdam V Ingatkan Prajurit Tingkatkan Keimanan di Nuzulul Qur’an

Pangdam V Brawijaya, R Wisnoe Prasetja Boedi saat peringatan Nuzulul Qur’an, Rabu (22/5). [abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Nuzulul Qur’an yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan, merupakan suatu peristiwa terpenting bagi umat Islam. Sebab, untuk pertama kalinya, Allah SWT telah menurunkan Al Qur’an kepada Rasullah SAW beradab-abad silam.
Bulan Suci Ramadan ini merupakan bulan yang mulia, dan dirasakan oleh Kodam V Brawijaya beserta jajaran. “Surat pertama yaitu surat Al-Alaq. Inti dari surat ini ialah memerintahkan kepada umat manusia untuk membaca atau belajar, agar bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah,” kata Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, Rabu (22/5).
Setelah surat pertama turun, sambung Pangdam, barulah turun surat-surat berikutnya yang semuanya menjadi pedoman bagi umat Nabi Muhammad SAW. “Sebagaimana yang kita kenal, saat ini sebagai Al Qur’an yaitu kitab suci kita umat Muslim,” ungkapnya.
Mantan Danrem 084 Bhaskara Jaya ini menambahkan, peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kodam V Brawijaya guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar lebih menghayati nilai-nilai ibadah.
“Hal itu sekaligus memahami makna dan kandungan yang ada dalam kitab suci Al Qur’an,” tegasnya. Digelarnya kegiatan yang bertemakanMelalui peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1440 H/2019 M kita tingkatkan Iman dan Taqwa prajurit dan PNS TNI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI saat ini.
Wisnoe berharap jika nantinya para prajuritnya dapat melaksanakan tugas, baik secara kebersamaan dengan sesama prajurit maupun PNS, hingga kebersamaan dengan rakyat.
“Al Qur’an mengajarkan kita untuk saling mengenal, atau ta’aruf, saling memahami atau tafahum dan saling kerjasama, tolong menolong dalam kebaikan atau ta’awun,” ucapnya.
Senada dengan Pangdam, KH. Syamsul Abadi Al-Hafidz menambahkan, Nuzulul Qur’an merupakan salah satu momentum terpenting bagi umat Muslim, terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan. “Ini salah satu waktu yang tepat bagi kita semua untuk meningkatkan iman dan takwa kita,” tambahnya.
Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Kabupaten Jombang ini mengajak seluruh prajurit Kodam untuk ikut menjaga kondusifitas dan keamanan wilayah pasca pengumuman hasil Pileg dan Pilpres. “Mari kita bersama-sama berdoa agar negara ini tetap aman dan kondusif,” pintanya. [bed]

Tags: