Orang Tua Adalah Jimat

Farid Alfarisi

Farid Alfarisi
Bagi Farid Al Farisi, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jombang, yang saat ini juga merupakan anggota DPRD Jombang periode 2019-2024 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), orang tua ibarat sebuah jimat.
Dalam filosofi Jawa yang disebutnya, jimat kepanjangan dari kata ‘siji sing dirumat’ (satu yang harus dirawat/dimuliakan). Satu yang harus senantiasa dimuliakan dan di rawat ini, kata Farid Al Farisi, tak lain yakni kedua orang tua.
Pria yang akrab disapa dengan Gus Farid ini juga membeberkan, orang tua adalah gantinya Tuhan yang ada di dunia yang dalam bahasa jawa disebut dengan Pengeran Katon (Tuhan yang terlihat). Karena itu dia menjelaskan, apa yang diinginkan oleh orang tua harus dilakukan oleh seorang anak. “Dan apa yang menjadi kebencian (yang dilarang) oleh orang tua harus kita tinggalkan,” tutur Gus Farid.
Bagi Gus Farid dalam menjalani setiap aktifitasnya, jika ada restu dari orang tua, akan menjadikan apa yang dilakukannya menjadi lebih mantab. Dengan angan-angan ataupun dengan cita-cita apapun, jika itu tanpa restu dari orang tua, dia akan meninggalkannya. “Karena itu memang Jimat bagi saya. Ini pesan moral bagi saya bahwa, orang tua itu harus kita hargai,” kata Gus Farid.
Dia mengatakan, sebanyak apapun materi yang diberikan seorang anak kepada orang tua tidak akan bisa menggantikan apa yang sudah diberikan orang tua kepada anak. Terlebih lagi bagi seorang ibu yang sudah mengandung selama sembilan bulan lebih. “Jangankan harta, nyawapun tidak akan bisa mengganti kasih sayang beliau,” tutur Gus Farid lagi.
Anggota Dewan Instruktur PC GP Ansor Kabupaten Jombang ini juga sangat yakin bahwa, doa dan restu orang tua akan berpengaruh kepada nasib maupun karir seseorang. Tak dipungkirinya, dengan keberhasilannya duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Jombang saat ini juga merupakan imbas dari doa dan motivasi yang diberikan kedua orang tuanya.
“Tanpa beliau berdua saya tidak akan bisa berhasil menjadi anggota dewan yang mungkin menurut pandangan orang lain jabatan ini sangat terhormat. Dan Insya Alloh selama hidup saya, sampai akhir hayat saya, saya akan selalu mentaati, menghormati, dan memuliakan orang tua,” papar Gus Farid. [rif]

Rate this article!
Orang Tua Adalah Jimat,5 / 5 ( 1votes )
Tags: