OPD Layanan Publik Sidoarjo Dihimbau Sediakan Tempat Bermain Anak

Ruang pelayanan di Disnaker Sidoarjo disediakan tempat bermain anak dan ruang Laktasi. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
OPD pelayanan publik yang ada di Pemkab Sidoarjo terus dihimbau, agar dengan penuh kesadaran bisa menyediakan ruang khusus minimum, untuk tempat bermain bagi anak.
Fasilitas ini untuk menyikapi ketika orang tua sedang mengurus pelayanan di OPD yang bersangkutan, kebetulan mereka membawa anak kecil.
“Sehingga anak-anaknya bisa bermain,” kata Dra Lela Koestjandawati, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB Kab Sidoarjo, Senin (4/2) kemarin.
Dari OPD di Kab Sidoarjo seperti Kantor, Kecamatan, Puskesmas dan Desa/Kelurahan, menurut Lela, sebagian besar semua OPD pelayanan publik ada tempat untuk bermain anak. Di tempat pelayanan publik baru di Kab Sidoarjo, yakni di mal pelayanan publik (MPP) juga ada tempat bermain anak.
Namun ia mengakui, khusus di OPD kecamatan, karena mendesak butuh ruang kantor tambahan, sehingga tempat main anak yang berada di indoor ada yang beralih fungsi.
“Tapi tempat main yang ada di outdoor masih ada,” kata Lela.
Sementara itu, dr Zuhaida, Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Kab Sidoarjo, juga menambahkan agar OPD pelayanan publik di Kab Sidoarjo juga menyediakan ruang Laktasi. Ruang yang bisa dipakai oleh ibu yang sedang ngurus pelayanan, kebetulan sedang membawa bayinya. Ruangan ini bisa dipakai sementara untuk meneteki bayinya.
“Kalau di Kantor Dinkes Sidoarjo jelas ada, kami kan harus memberi contoh,” katanya.
Dari pengamatan, sejumlah OPD pelayanan publik di Kab Sidoarjo yang ada ruang Laktasinya ini diantaranya di Disnaker, Dispendukcapil, BPPD, Dinas Penanaman Modal PTSP, Dinas Perpustakaan dan mal pelayanan publik (MPP) Sidoarjo. (kus)

Tags: