OJK Kantor Regional 4, Bank Jatim Harus Kompetitif dan Miliki Nilai Tambah

Kepala OJK KR4 Heru Cahyono (Tengah) saat acara cangkrukan bersama para jurnalis

Surabaya, Bhirawa
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR4) Jatim Heru Cahyono minta agar Dewan Komisaris dan Direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jatim (PT Bank BPD Jatim) TBK yang baru dilantik bisa meningkatkan kinerja secara kompetitif dibandingkan bank lainnya.
“Saat ini eranya memasuki digital TI maka Bank Jatim berhadapan dengan bank-bank lainnya yang sama-sama memasuki era digital, karenanya harus meningkatkan kinerja secara kompetitif.’ujarnya, Selasa (29/10).
Sebagai bank Provinsi Jatim sudah semestinya Bank Jatim mampu menjelma menjadi bank yang lebih unggul dari bank bank lain, apalagi penempatan dewan komisari dan direksi yang ketat termasuk fit and proper test, sehingga dijamin kemampuannya kalau akan membawa kemajuan lebih dan membantu pembangunan di Jatim.
Menurut Heru Cahyono, uji kepatutan yang dilakukan oleh OJK terhadap dewan komisaris dan direksi PT Bank BPD Jatim TBK prosesnya cukup panjang. Untuk Komisaris dan direksi telah dilakukan proses fit and proper test dari OJK dan assessment oleh tim independent. Kemudian diputuskan oleh RUPS baru diajukan ke OJK untuk dilakukan penilaian kemampuan dan kepatutan.
Kesemuanya ini prosesnya tergantung dari dokumen yang diterima. Setelah OJK melakukan uji kemampuan dan kepatutan dan diputuskan dibacakan oleh OJK pada pelantikan dan mengambil sumpah secara resmi Dewan Komisaris dan direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jatim (PT Bank BPD Jatim) TBK.
“Prosesnya pengangkatan dewan komisaris dan direksi Bank Jatim dimulai dari proses assessment oleh tim independent baru diputuskan dalam RUPS baru dilakukan fit and proper test oleh OJK, baru diputuskan siapa yang disetujui,” ujarnya. [ma]

Tags: