Nakes Puskesmas Ikuti Seleksi Nakes Teladan Kabupaten Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sedang memberikan pengarahan kepada para peserta seleksi . [Teks foto: achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 60 orang Nakes (Tenaga Kesehatan) dari 21 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo telah mengikuti program seleksi Nakes Teladan tingkat Kabupaten Sidoarjo. Sebagai upaya peningkatan, profesionalisme dalam melayani kebutuhan kesehatan di masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Syaf Satriawan mengatakan kalau tenaga kesehatan di UPT Puskesmas berperan sebagai pemberi pelayanan kesehatan, baik yang bersifat perorangan ataupun yang bersifat kesehatan masyarakat.
Menurunya, peningkatan kesehatan masyarakat yang ada di wilayah Sidoarjo masih kurang, dan menjadi pekerjaan kita kedepan untuk memperbaiki kesehatan masyarakat. Makanya ada tenaga yang profesional yang harus siap turun ke masyarakat, dan tenaga kesehatan harus bekerja bersama, agar sampai kepada masyarakat secara merata sesuai dengan sasaran dinas kesehatan.
Ia katakan, sasaran kegiatan ini adalah 60 tenaga kesehatan dari 21 Puskesmas, ada 8 kelompok jabatan fungsional kesehatan, seperti dokter, dokter gigi perawat, bidan, sanitarian, tenaga teknis kefarmasian, nutrisionis dan tenaga ahli laboratorium medis tenaga kesehatan di Kabupaten Sidoarjo.
“Kali ini ada lima Puskesmas yang tidak mengirimkan perwakilannya, untuk mengikuti seleksi tenaga kesehatan ini. Diantaranya Puskesmas Waru, Puskesmas Jabon, Puskesmas Taman, Puskesmas Porong dan Puskesmas Kedungsolok,” katanya.
Adapun proses penilaian yang harus dijalani, tes administrasi kepegawaian dengan melakukan pretest, penyusunan makalah dengan judul yang telah ditetapkan. “Penyusunan dan pemaparan sesuai dengan rumpun jabatan fungsionalnya, dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan klarifikasi pemaparan,” katanya.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah juga mengakatan bahwa seleksi tenaga kesehatan dimaksudkan sebagai sarana pemberian penghargaan bagi teman-teman tenaga kesehatan di Puskesmas Kabupaten Sidoarjo, supaya meningkatkan mutu dari SDM itu sendiri dan khususnya berkaitan dengan seluruh upaya kesehatan yang dilakukan di Puskesmas.
“Saya berharap kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas di seluruh Kabupaten Sidoarjo untuk senantiasa mempertahankan komitmennya untuk terus berinovasi di tengah perubahan dan berbagai kondisi di lapangan,” harapnya. [ach]

Tags: