Naik Eselon 3, Pejabat Sidoarjo Harus Lulus Pelatihan PBJ

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 80 ASN di Pemkab Sidoarjo yang tahun 2019 ini mengikuti pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), diharapkan banyak yang lulus. Bahkan semuanya bisa lulus. Sehingga bisa mendapatkan sertifikat PBJ.
Diharapkan 80 ASN yang ikut pelatihan PBJ tahun 2019 ini, tidak seperti kejadian tahun 2018 lalu. Karena pada tahun itu, juga dari 80 pesertanya, yang lulus hanya sekitar 37% saja.
“Kita harapkan banyak ASN yang lulus dalam pelatihan PBJ tahun ini. Supaya bisa sebagai pelaksana PBJ di OPD nya,” terang Kepala Bidang Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, Arif Mulyono SSTP, Selasa (17/9) kemarin.
Pelatihan pada 80 ASN yang mengikuti pelatihan PBJ tahun 2019 ini, kata Arif, sudah dimulai sejak Kamis (12/9) lalu, di ruang computer base test (CBT) Kantor BKD Sidoarjo, Jl Majapahit Sidoarjo. Pemberi materi dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Jawa Timur.
Menurut Arif, sistim pelatihan PBJ tahun 2019 ini beda dengan tahun 2018 lalu. Bila tahun 2018 hanya dengan tatap muka, tapi sistim pada tahun 2019 ini dengan aplikasi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan mempelajari 9 modul. Juga ada pembelajaran clasical (tatap muka).
“Kita jadwalkan ujian sertifikasinya nanti pada Jum at 27 September,” katanya. Menurut Arif, punya sertifikat PBJ tersebut di Kab Sidoarjo, beberapa waktu ini telah dijadikan salah satu kebijakan lokal di Pemkab Sidoarjo, bagi eselon 4 yang akan dipromosikan ke eselon 3.
“Agar para peserta pelatihan PBJ menjadi semangat dan termotivasi. Sebab diakui, banyak ASN yang kurang minat menjadi pelaksana PBJ di OPD, yang tahu mereka sendiri,” katanya.
Dampak bila seandainya di OPD tidak ada yang bersedia menjadi pelaksana PBJ, maka dikhawatirkan kegiatan PBJ di OPD tidak berjalan. Imbasnya akan bisa menganggu penyerapan anggaran di OPD yang nantinya dipakai untuk pelayanan publik.
Pelaksanaan PBJ di Kab Sidoarjo, menurut Arif, tiap tahun dilaksanakan sekali. Pelaksanaan PBJ ini, merespon pada usulan pengajuan dari OPD yang bersangkutan. [kus]

Tags: