Mudik Gratis Lebaran Pemrov Jatim Siap Tercatat di Rekor Muri

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin melepas mudik gratis Lebaran menggunakan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. [trie diana]

Surabaya, Bhirawa
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan kurang lebih 460 penumpang kapal laut di program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim tujuan Pulau Masalembu Sumenep dari Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (29/5).
Pemberangkatan peserta mudik gratis gelombang pertama ini dilakukan dari Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pada mudik gratis Lebaran 2019 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim memanjakan pemudik dengan menyedian KM Darma Kartika yang dilengkapi segala macam fasilias yang menunjang.
“Perjalanan mudik gratis menggunakan kapal, ada enam rute. Nantinya juga ada mudik gratis menggunakan bus dan kereta yang disiapkan untuk 245.778 pemudik, dan disuport oleh APBD,” kata Khofifah Indar Parawansa usai pemberangkatan peserta mudik gratis Lebaran menggunakan kapal.
Sambung Khofifah, tidak hanya Pemprov yang berniat baik memberi bantuan kemudahan untuk pemudik. Pelindo III juga memfasilitasi bus setiap hari sejak H-9 untuk penumpang yang turun dari kapal. Sehingga penumpang yang turun dari kapal bisa langsung ditransfer, misalnya ke Bungurasih maupun ke daerah lain. “Jadi komunikasi antar penyelenggara moda transportasi untuk layanan mudik, terus membaik dan semua masyarakat bisa terlayani,” ungkapnyas.
Sementara itu, Kepala Dishub (Kadishub) Provinsi Jatim, Fattah Jasin menambahkan, armada maupun moda transportasi di Jatim ini semakin baik. Bahkan, untuk mudik dan balik Lebaran gratis di Jatim akan dicatatkan dan masuk kedalam rekor Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia).
“Tanggal 2 pekan depan akan dicatatkan ke rekor Muri. Sebab jumlah pemudik di Jatim ini sebanyak 245.778 orang. Bahkan itu sebetulnya masuk rekor dunia,” ucap Fattah.
Untuk jalur mudik kapal laut, sambung Fattah, ada enam rute yang ditempuh. Yakni Surabaya-Masalembo, Tanjung Wangi-Sapeken, Kalianget-Kangean, Jangkar-Raas, Gresik-Bawean dan Kangean-Sapeken.
Armadanya kelasnya naik, semakin tahun semakin diperbaiki. Sehingga ada pengakuan dari penumpang,ini betul2 dimuliahkan. Tanggal 2 mau dapat Muri, karena jumlahnya 245 ribu untuk seluruhnya. Kereta kan 160 ribu, bus 38 ribu. Laut ada 15 ribu. Itu sebetulnya rekor dunia.
“Jalur laut ini ada enam rute. Dan peminat transportasi laut ini banyak yang ke wilayah Madura dan kepulauan, seperti Sumenep dan kepulauan lain di Jatim,” jelasnya.
Masih kata Fattah, untuk mudik dan balik Lebaran gratis ini, untuk moda transportasi bus mudik ada 19.085 penumpang. Sedangkan penumpang bus yang balik ada 7.315 penumpang. Sedangkan shuttle busa ada 38.500 penumpang. Kereta api ada 166.498 penumpang dan kapal laut sebanyak 14.380. “Total peserta mudik dan balik Lebaran gratis 2019 ini sebanyak 245.778 orang. Sehingga pantas masuk Muri,” pungkasnya. [bed]

Tags: