MPDN Baru Harus Bisa Mengawasi Perilaku Notaris

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati memberikan selamat bagi pejabat administrasi dan MPDN baru jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim, Rabu (20/2). [abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Jawa Timur Susy Susilawati, Rabu (20/2) melantik puluhan anggota jajaran di aula Kanwil Kemenkumham Jatim. Selain itu juga melantik 27 anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Jatim yang baru.
Susy mengatakan, Majelis Pengawas Daerah Notaris merupakan suatu badan yang mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap notaris. Bagi MPDN yang baru, Susy berharap bisa semakin profesional. Terutama dalam hal melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap notaris.
“Saya berharap agar anggota MPDN yang telah mengangkat sumpah dan janji pada hari ini dapat bekerja dengan baik. Dan saling bersinergi dalam mengawasi perilaku notaris dan mengawasi pelaksanaan jabatan notaris,” pintanya.
Karena pekerjaannya yang berat, Susy berharap para anggota MPDN bisa bekerja lebih baik dan profesional. Karena, mereka tidak hanya membawa nama pribadi. Tapi juga nama besar Kemenkumham. Sebab, sampai saat ini sudah ada 18 MPDN di Jatim. Mereka harus mengawasi sekitar 2.300 notaris di seluruh Jatim.
“Memang, MPDN merupakan kepanjangan tangan dari Menkumham. Maka dari itu saya berharap anggota baru bisa bekerja dengan baik dan profesional,” imbaunya.
Masih kata Susy, pihaknya juga meminta agar MPDN bisa menjaga nama baik notaris. Salah satu caranya dengan berkurangnya notaris yang bermasalah dengan aparat penegak hukum. “Fungsi pembinaan dan upaya-upaya preventif harus dikedepankan, agar tidak ada lagi notaris yang bermasalah,” tegasnya.
Seperti diketahui, Kakanwil Kemenkumham Jatim melantik 22 pejabat administrasi jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. Dari jumlah itu, 19 di antaranya dilantik karena adanya perubahan organisasi dan tata kerja pada Kanwil Kemenkumham. Sisanya merupakan pegawai yang mendapat promosi untuk mengisi jabatan baru.
Selain melantik pejabat administrasi, Kakanwil Kemenkumham Jatim juga melantik 27 anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Jatim yang baru. Nantinya para anggota baru itu akan bertugas di 10 wilayah yang ditentukan. [bed]

Tags: