Momentum Bersihkan Diri

Ani Sri Rahayu

Oleh :
Ani Sri Rahayu
Pengajar Universitas Muhammadiyah Malang

Ramadan 1440 H telah tiba, Marhaban Ya Ramadan. Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, bulan penuh pahala dan bulan penuh kebaikan. Bulan yang kehadirannya sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selamat datang wahai Ramadan, bulan yang penuh berkah, maghfirah dan pembebasan dari api neraka, yang di dalamnya Allah menurunkan kitab mulia, petunjuk dan cahaya.
Hadirnya Ramadan sungguh menjadikan momentum bagi kita untuk membersihkan diri dari segala noda dosa dan kemaksiatan yang tidak kita sadari. Ibaratnya pakaian yang sehari-hari kita pakai, meskipun tidak terkena lumpur atau kotoran yang jelas, tetap saja kita harus mencucinya karena ada debu yang melekat erat. Oleh sebab itu, mari habuskan noda, bersihkan jiwa di bulan penuh ampunan ini.
Sebelas bulan sudah kita mengarungi kehidupan yang penuh warna-warni, maka inilah momentum yang tepat bagi kita semua untuk membersihkan diri dari segala dosa yang melekat tanpa kita sadari. Sungguh kita semua bergembira sepenuh hati dengan datangnya Ramadan yang penuh berkah. Rasa gembira ini, sekiranya memberikan beberapan cerminan kebahagiaan buat kita bersama.
Pertama, cerminan ketakwaaan yang ada dalam hati kita, karena sejatinya bulan Ramadan adalah salah satu dari syiar dalam agama kita, yang harus senantiasa kita hormati dan agungkan. Allah SWT berfirman: “Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” [QS Al-Hajj: 32]
Kedua, cerminan kebahagiaan ukhuwah. Melalui Ramadan adalah bulan dimana ukhuwah kita meningkat. Bayangkan saja, bagaimana hari-hari ini dipenuhi dengan banyak pertemuan antar jamaah masjid, dari mulai salat tarawih berjamaah, tadarusan selepas tarawih, hingga salat shubuh berjamaah. Kaum muslimin berkumpul setiap harinya dan merasakan keindahan ukhuwah yang luar biasa. Bahkan bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun kita menemukan keharmonisan yang bertambah saat Ramadan tiba.
Banyak kesempatan untuk berkumpul antar anggota keluarga, khususnya saat buka puasa dan sahur menjelang. Ini semua tanpa kita sadari, sungguh membuat hati kita lebih tenteram dan nyaman. Lebih siap untuk menjalani semua aktifitas dan tantangan dalam kehidupan ini.
Ketiga, cerminan kebahagiaan bahwa Ramadhan merupakan bulan musim kebaikan, dimana kita semua menjalankan ibadah dengan penuh semangat, berbondong-bondong dan sungguh terasa lebih ringan. Inilah yang menjadikan kita bergembira, karena kebaikan begitu mudah dijalankan. Bersama sama kita lihat di masjid, mushola, bahkan di rumah-rumah kita, bagaimana Ramadhan menyinari kita dengan banyak amal dan kegiatan yang tak putus dan henti-hentinya. Dari mulai pagi hari hingga malam menjelang, bergantian kita melaksanakan amal kebaikan yang begitu beragam.
Inilah yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW, tentang Ramadhan sebagai musim kebaikan yang menakjubkan: “(Bulan dimana) dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu. Dan berserulah malaikat : wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai pencari kejahatan, berhentilah” (demikian) sampai berakhirnya ramadhan” [HR Ahmad].**

Rate this article!
Momentum Bersihkan Diri,5 / 5 ( 1votes )
Tags: