Mitigasi Bencana Satlinmas Kota Batu Jadi Pilot Project Daerah di Jatim

Suasana Bimtek Satlinmas dalam Mitigasi Bencana yang digelar di Royal Hotel Orchids Garden Kota Batu, Rabu (11/9).

Kota Batu, Bhirawa
Kota Batu merupakan Daerah yang memiliki kerawanan terhadap bencana alam, mulai tanah longsor, angin puting beliung dan banjir. Maka Satlinmas di Desa – desa yang ada di Kota Batu dibekali kemampuan mitigasi bencana.
Pembekalan ini diberikan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan di Royal Hotel Orchids Garden Kota Batu, Rabu (11/9). Bimtek kali ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri. Dan para anggota Satlinmas mendapatkan bekal mitigasi bencana, yaitu kemampuan untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran, dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
”Dengan Bimtek ini diharapkan Satlinmas nantinya akan membantu masyarakat di Desa – desa dalam penanggulangan bencana. Dan Bimtek ini dipilih untuk dilaksanakan di Kota Batu dan akan dijadikan pilot project untuk daerah lain,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Drs Nugroho, Rabu (11/9).
Untuk mendukung program pembekalan mitigasi bencana ini, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi memberikan jaminan atas kelancaran pembayaran insentif Satlinmas.
Walikota yang juga hadir dalam Bimtek itu mengatakan, insentif untuk Satlinmas Kota Batu sudah ada. Dalam kesempatan itu, Dewanti secara langsung juga menghimbau kepada desa untuk menyisipkan berapa persen anggaran Dana Desa (DD) untuk Satlinmas. Apalagi nominal DD yang diterima desa – desa di Kota Batu cukup tinggi. Yaitu, rata rata Rp4 miliar hingga Rp8 miliar untuk setiap Desa.
”Satlinmas ini mempunyai peran yang cukup strategis dan punya tanggungjawab yang lumayan besar di masyarakat Desa. Untuk itu sudah layak jika Satlinmas mendapatkan sisipan anggaran dari Dana Desa,” ujar Dewanti.
Diketahui, selain dihadiri anggota Satlinmas Kota Batu, giat bimtek kemarin juga diikuti perwakilan Satpol PP se-Provinsi Jawa Timur. Adapun dari Kota Batu sendiri juga ikut hadir Plt Kasatpol PP, M Adhim, Kepala BPBD Sasmito, Camat Batu Yoppy dan Kepala Desa dan Lurah se-Kota Batu. [nas]

Tags: