Miliki Rasa Khas, Durian Ngantang Lebih Enak dari Durian Impor

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa (kanan) didampingi Plt Bupati Malang HM Sanusi (kiri), saat memakan durian di acara panen durian, di Desa Kaumrejo, Kec Ngantang, Kab Malang, pada Selasa (26/3)

Andalan Baru dari Kabupatan Malang
Kabupaten Malang, Bhirawa
Durian, menyebut kalimat itu tentu langsung terbayang buah berduri berwarna dominan coklat, kemudian berbau sangat harum. Uniknya buah bernama ilmiah Durio zibethinus memiliki rasa yang berbeda disetiap daerah.
Potensi hasil pertanian yang dimiliki Kabupaten Malang, telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa. Sehingga hasil pertanian menjadi penguat ekonomi masyarakat. Seperti hasil pertanian padi, setiap tahun kabupaten setempat selalu mengalami surplus padi. Sehingga Kabupaten Malang sebagai lumbung padi nomor dua di Jatim setelah Kabupaten Ngawi.
Begitu pun juga hasil pertanian durian yang di produksi petani asal Kecamatan Ngantang yang kini juga sebagai andalan kabupaten setempat dan sudah mulai dikenal masyarakat karena rasanya memiliki rasa khas tersendiri, jika dibandingkan dengan durian-durian yang ada di Indonesia ini. Bahkan, durian impor kualitas rasanya masih kalah dengan durian Ngantang.
Bahkan saat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa begitu kagum dengan durian asal Ngantang ini. Hal ini terlihat saat gubernur menghadiri kegiatan Gema Desa sekaligus membuka panen durian pekan.
Gubernur perempuan pertama Jatim itu terlihat sangat menikmati buah durian Ngantang. “Ibu Gubernur Khofifah sudah merasakan durian asal Kecamatan Ngantang, beliau tidak hanya memuji rasa durian Ngantang, tapi juga kagum dengan Desa Kaumrejo yang mampu memproduksi buah durian berkualitas dengan rasa khas. Bu Khofifah juga penggemar durian,” cerita Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Humas dan Protokol Kabupaten Malang Johan Dwijo, Minggu (31/3).
Lebih lanjut Johan menjelelaskan, setelah merasakan durian Ngantang, Gubernur Khofifah mengaku jika durian impor asal negara China jenis Musaki dan Montong asal Malaysia rasanya lebih enak durian Ngantang atau durian lokal.
“Saya sebelumnya tidak mengetahui jika di Kabupaten Malang ini memiliki potensi hasil pertanian durian. Sehingga dengan sudah merasakan sendiri durian Ngantang, maka dirinya akan promosikan durian Ngantang ini ke para Dubes, agar durian Ngantang bisa mendunia,” kata Johan, saat menirukan uacapan Gubernur Khofifah.
Melihat potensi hasil produksi durian Ngantang, kata Johan, gubernur sangat berharap Kecamatan Ngantang akan memiliki sebuah pabrik yang dapat memproduksi makanan oleh-oleh yang berbahan baku dari durian Ngantang.
Dari hasil olahan durian itu, nantinya dipasarkan di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, yang tidak lama lagi menjadi Bandara Internasional “Begitu juga dipasarkan di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, agar bangsa-bangsa lain tidak hanya mengimpor durian Musaki dan Montong saja, tapi juga mengimpor durian Ngantang,” terang Johan. [Yoyok Cahyono]

Tags: