Menkumham Apresiasi Inovasi ULP di Mal Surabaya

Menkumham Yasonna H Laoly memberikan penghargaan kepada Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati, Rabu (28/11) malam.

Surabaya, Bhirawa
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jatim. Yakni Unit Layanan Paspor (ULP) di Lenmarc Mall Surabaya.
Apresiasi tersebut disampaikan Menkumham pada Rapat Kerja Kolaborasi (Rakerkol) Pengelolaan dan Supervisi Kinerja 2018, Rabu (28/11) malam di Jakarta. Dengan tema Always The Best Menkumham berharap jajarannya terus berusaha menjadi yang terbaik.
“Salah satu yang paling inovatif berasal dari Jawa Timur, yakni layanan paspor di dalam mal,” katanya.
Yasonna menjelaskan, selama empat tahun kepemimpinannya, Kemenkumham tak pernah berhenti berinovasi. Usaha dan kerja keras itu telah diakui oleh berbagai pihak. Dibuktikan dengan selalu ada penghargaan yang diterima di berbagai bidang. “Empat tahun yang selalu dinamis,” jelasnya.
Inovasi-inovasi yang dilakukan jajarannya, sambung Yasonna, dilakukan mulai dari inovasi pelayanan publik, pengelolaan keuangan hingga pengelolaan kepegawaian. Hal itu dikatakannya selaras dengan tema Rakerkol kali, yaitu Always The Best.
“Pertama yang cukup saya apresiasi yakni keberadaan Unit Layanan Paspor (ULP) di Lenmarc Mall Surabaya. Salah satu yang paling inovatif dari Jawa Timur,” ucapnya.
Menurutnya, keberadaan ULP di dalam mal bisa semakin mendekatkan pihaknya dengan masyarakat. Hal tersebut wujud dari pelayanan publik yang terus ditingkatkan oleh jajaran Kemenkumham. Pelayanan ULP ini, lanjutnya, dapat mempermudah warga yang hendak membuat paspor.
“Terima kasih kepada seluruh jajaran. Terutama yang sudah bekerja keras dan bekerjasama dengan baik,” ungkapnya.
Meski mengapresiasi jajarannya, Yasonna mengaku, usahanya selama ini tidak selalu mulus. Masih ada sandungan-sandungan persoalan yang ditemukan di lapangan. Menurutnya, selama ini mengubah pola pikir adalah bagian yang tersulit.
Hal itu, masih kata Yasonna, perlu adanya sinergitas dan kerjasama yang bagus. Peran Kakanwil sebagai pemegang tongkat komando sangat penting bagi jajarannya di tiap-tiap daerah. Para Kadiv tidak boleh jalan sendiri-sendiri.
“Perlu koordinasi yang baik dengan Kakanwil sebagai pimpinan di wilayah. Begitu juga dengan seluruh jajaran di Kanwil Kemenkumham,” tegasnya. [bed]

Tags: