Melalui e-Commerce Wujudkan Ekonomi Masyarakat Bondowoso

Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Pengembangan produk dan usaha melalui e-Commerce berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi. Karena upaya untuk mewujudkan perekonomian masyarakat perlu memperkuat sektor unggulan serta menggerakkan sektor ekonomi masyarakat.
Pemkab Bondowoso juga tengah mengembangkan pemanfaatan e commerce salah satunya dengan Workshop Pengembangan Produk/Usaha Kabupaten Bondowoso melalui Pemanfaatan E-Commerce yang dibuka langsung Bupati Drs KH Salwa Arifin, saat membuka, di Gedung Saba Bhina 2 Pemerintah Kabupaten Bondowoso.
Menurut Bupati Salwa, apabila mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No 74 tahun 2019 bahwa acuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menetapkan sektoral dan rencana tindak dalam rangka percepatan pelaksanaan sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce).
“Hal ini sejalan dengan amanat peraturan daerah nomor 1 tahun 2019 tentang RPJMD. Pada misi 1 bahwa dalam mewujudkan kemandirian perekonomian masyarakat perlu memperkuat sektor unggulan serta menggerakkan sektor ekonomi masyarakat,” terangnya. Rabu (4/9).
Pemerintah Kabupaten Bondowoso menyambut baik perluasan sinergi kerja sama dengan para stakeholder seperti perguruan tinggi dan marketplace, dan lainnya untuk perkembangan produk unggahan masyarakat melalui E-Commerce.
“Seperti Program One Pesantren One Produk (OPOP)bertujuan untuk menciptakan Kemandirian Ummat melalui para santri, masyarakat dan pondok pesantren itu sendiri, agar mampu mandiri secara ekonomi, sosial dan juga untuk memacu pengembangan skil, teknologi produksi, distribusi, pemasaran melalui sebuah pendekatan inovatif dan strategis,”jelasnya.
Langkah tersebut menjadi terobosan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Bondowoso tahun 2019 5,04% serta kenaikan PDRB 8,19%.
Hal itu, Pemerintah perlu mendorong percepatan dan sistem pengembangan Perdagangan Nasional Berbasis E-Commerce, usaha pemula, pengembangan usaha, dan percepatan logistik.
Bupati Salwa mengimbau kepala kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar terus berinovasi untuk meningkatkan sektor unggulan pertanaian, pariwisata menuju kemandirian ekonomi masyarakat Bondowoso.
Sementara kepada stakeholder Bupati pun menghimbau agar terus bersinergi, berkoordinasi, berkolaborasi dengan Pemkab Bondowoso.
Sementara, menurut Kepala Bappeda Bondowoso , Farida, E-commerce adalah salah satu pemanfaatan teknologi dalam melakukan usaha melalui Internet.
“Melalui Workshop E-commerce ini bisa mendorong perkembangannya One Pesantren One Produk, meningkatkan lapangan kerja bagi pengusaha pemula melalui dunia digital. Sehingga produk lokal unggulan Bondowoso bisa menjangkau pasar secara luas,” harapnya. [mg11]

Tags: