Masyarakat Bendungan Kabupaten Trenggalek Dukung Penuh TMMD

Mbah Sainah bersyukur saat rumahnya menjadi sasaran program TMMD ke 105 oleh Kodim 0806 Trenggalek. [abednego/bhirawa]

Trenggalek, Bhirawa
Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang dilakukan jajaran Kodim 0806 Trenggalek dinanti-nanti oleh warga Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan. Antusias itu salah satunya ditunjukkan oleh mbah Sainah warga setempat.
Wanita 60 tahun itu menanti-nanti kehadiran TMMD di Desanya, yaitu Desa Dompyong. Harapan itu pun terkabul manakala rumah Sainah menjadi salah satu sasaran rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di TMMD ke 105.
Hal itu pun dibenarkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto. Dodik mengaku, sebelumnya pihaknya (Satgas) beserta intansi terkait meninjau sasaran lokasi RLTH pada TMMD ke 105 ini. Selanjutnya Satgas menilai rumah nenek Sainah ini memang layak untuk di rehab (dibangun).
“Sebelumnya dari Satgas dan seluruh stakeholder turut meninjau lokasi sasaran TMMD tahun ini. Rumah nenek Sainah merupakan salah satu yang masuk dalam program rehab RTLH pada TMMD kali ini,” kata Letkol Inf Dodik Novianto, Minggu (14/7).
Perwira menengah TNI AD ini menjelaskan, nantinya pembangunan rumah nenek Sainah akan dilakukan jajaran Kodim Trenggalek. Tak lupa juga pada TMMD ini seluruh personel dibantu oleh warga setempat dalam melaksanakan sasaran TMMD, diantaranya rabat jalan (beton), rehab masjid dan rehab RTLH.
“Adanya bantuan dari warga setempat menunjukkan bahwa ini lah bentuk kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Saya berterima kasih banyak kepada pihak terkait yang turut membantu program TMMD ke 105 ini,” ungkapnya.
Pria yang juga sebagai Dansatgas TMMD Kodim Trenggaleki ini menambahkan, sasaran TMMD Reg ke 105 ini ada dua, yaitu sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik, TNI membantu program Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas perekonomian di wilayah setempat. Misalnya dengan rabat jalan sekitar 1.620 meter jalan yang akan dirabat.
Dengan begitu akses jalan untuk perekonomian bisa lancar dan meningkatkan taraf ekonomi warga setempat. Selanjutnya ada rehab masjid dan musala. “Untuk sasaran non fisiknya, kita akan memberikan berbagai macam penyuluhan. Baik tentang wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan bencana alam. Termasuk dalam bidang kesehatan,” pungkasnya. [bed.wek]

Tags: