Maksimalkan Pengelolaan Dana Desa Kota Batu, Libatkan Semua Stakeholder

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan Bumiaji 2019

Kota Batu, Bhirawa
Pengelolaan anggaran Dana Desa yang besar tidak mungkin bisa sempurna jika para stakeholder tidak duduk bersama. Karena kebutuhan yang tidak bisa dikaver di tingkat Desa bisa dikaver Pemerintah Kota.
Pesan ini disampaikan Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bumiaji Tahun 2019 yang digelar di Pendopo Kantor Kecamatan setemat, Kamis, (14/2).
Wali kota mengatakan Musrenbang tidak akan sempurna jika dinas terkait tidak datang. Tujuannya satu, yaitu semua harus saling mengisi sesuai dengan tugas dan kewajibannya. “Musrenbang ini adalah agenda tahunan yang rutin yang harus di update tiap harinya dan dievaluasi tiap tahunnya,”ujar Dewanti, Kamis (14/2).
Di Kota Batu, Kecamatan Bumiaji menjadi kecamatan terpilih untuk mengawali kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan. Adapun giat ini akan dilaksanakan mulai kemarin hingga 19 Februari kedepan. Dan selain Wali kota, giat Musrenbang Bumiaji juga dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Sekda Kota Batu Zadim Effisiensi, Kepala Bappelitbangda M.Chorie, Para Kepala Desa, Ketua BPD se-Kecamatan Bumiaji dan beberapa kepala SKPD.
Diketahui, di Kota Batu ini hanya ada 3 Kecamatan. Karena itu seharusnya lebih mudah untuk mengakomodir dan mengelola Dana Desa agar tidak menyalahi prosedur yang ada. “Dan dengan duduk bersama ini maka pengelolaan Dana Desa juga akan memberikan manfaat lebih optimal kepada masyarakat,”tambah Dewanti.
Diakhir kegiatan, Walikota juga menyempatkan diri untuk menyaksikan penandatanganan Berita Acara oleh para Kepala Desa di lingkungan Kecamatan Bumiaji. Di antaranya Kepala Desa (Kades) Punten, Kades Sumber Gondo, Kades Tulung Rejo, Kades Giripurno, Kades Pandanrejo, Kades Bumiaji, Kades Bulukerto, Kades Gunung Sari, dan Kades Sumber Brantas.(nas)

Tags: