Mahasiswa Papua Pamerkan Pakaian Adat Dihadapan Pejabat Jombang

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah saat berfoto bersama dengan mahasiswa Papua yang sedang tinggal di Kabupaten Jombang, Senin malam (26/08).
[Arif Yulianto/ Bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Komunitas lintas iman di Kabupaten Jombang dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar doa bersama untuk memperat persaudaraan dengan warga asal Papua yang tinggal di Jombang di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang, Senin malam (26/08). Selain pentas seni budaya, belasan mahasiswa asal Papua yang tengah menempuh pendidikan di kota santri ini juga berdandan khas asal daerah mereka. Mereka mengenakan pakaian adat Papua.
Mereka kemudian menyuguhkan tarian khas asal daerah mereka. Para mahasiwa mengaku bersyukur, sebab keberadaan mereka di tanah Jawa khususnya di Kabupaten Jombang sangat di perhatikan oleh Pemkab Jombang maupun pihak kepolisian setempat.
“Saya mewakili teman-teman asal Papua sangat berterima kasih, kami disini aman, tetap bisa belajar ,saya minta saudara saya yang di Papua tetap jaga keutuhan NKRI”, ujar Natalia Mesake, salah satu mahasiswi asal Papua yang saat ini tengah melakukan studinya di Jombang sata diwawancarai wartawan di tempat acara.
Wakil Bupati Jombang, Sumrambah pun menegaskan pihaknya akan terus menjamin keamanan mahasiswa Papua yang tinggal di Jombang. Dia juga meminta kepada semua pihak agar menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar persatuan Indonesia tidak terpecah belah hanya karena kesalah pahaman.

Mahasiswa Papua saat acara audensi Forkopimda Jombang dan pentas seni budaya Papua serta do’a bersama di Ruang Bung Tomo, Pemkab Jombang, Senin malam (26/08).

“Indonesia itu satu, tidak ada perbedaan warna kulit, jangan sampai kita terpecah, kami tidak ingin kehilangan Papua, seperti Timor Leste dulu, karena semua satu bangsa,” terang Wabup Sumrambah.
Sementara itu, Wakapolres Jombang, Kompol Budi Setiono mengatakan, kegiatan seperti itu merupakan salah satu bentuk upaya meredam adanya gejolak isu rasisme terhadap warga Papua seperti beberapa waktu terakhir ini.
“Yang jelas kami jamin keamanan mahasiswa Papua yang sedang belajar di Kabupaten Jombang,” tegas Wakapolres Jombang.(rif)

Tags: